banner 728x90

Kodim Belitung Siap Sukseskan Swasembada Pangan Beltim

banner 468x60

*Programkan Pembuatan Sawah 200 Hektar, Ajarkan Warga Beternak

beltim-edisi-06-januari-2017-panen

Koramil 02 Manggar saat melakukan panen padi bersama warga Beltim, belum lama ini.

MANGGAR-Kodim 0414 Belitung siap mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Itu dilakukan agar kondisi perekonomian di Beltim tetap stabil, meski faktor cuaca di Negeri Laskar Pelangi dilanda musim cuaca buruk sekalipun.

banner 300x250

“Tak dapat dipungkiri, permasalahan meningkatnya harga bahan pokok saat musim hujan atau cuaca buruk, sering kali terjadi di Kabupaten Beltim,” ujar Danramil 02 Manggar Mayor Inf Tri Joyo, kepada Belitong Ekspres, Kamis (5/1) kemarin.

Bahkan, saat cuaca buruk harga bahan pokok bisa naik hingga tiga kali lipat. Seperti yang terjadi di Beltim saat ini, harga ikan dan cabe meroket hingga tiga kali lipat dari harga normal. Yakni kisaran Rp 25 ribu menjadi Rp 80 ribu.

Untuk mengatasi hal itu, TNI AD memprogramkan pembuatan sawah sebanyak kurang lebih 200 hektar, di wilayah Beltim. Tujuannya, agar masyarakat memilih untuk bercocok tanam (bertani) dari pada menambang timah.

Kata Mayor Inf Tri Joyo, lahan sebanyak 200 hektar dinilai Pemerintah Provinsi Babel masih kurang. Bahkan, Pemprov meminta tambahan tanah lagi, seluas 410 hektar. Saat ini, pihaknya sudah mengarap sejumlah sawah di beberapa lokasi di Beltim di antaranya di Kelapa Kampit dan Gantong.

Selain mengarap tanah, Kodim 0414 Belitung juga mengajarkan warga Beltim untuk berternak, seperti ayam dan ikan kerapu. Itu dilakukan mengantisipasi naiknya harga kebutuhan ikan dan daging ayam saat cuaca buruk di Beltim.

“Alhamdulilah, kami sukses menjalankan program itu. Tahun 2016 lalu kami panen ikan kerapu di Beltim. Kami berharap, tren positif ini tetap berlanjut di tahun 2017 ini,” pungkasnya.

(kin)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: