banner 728x90

KPP Pratama Tanjungpandan Edukasi Wajib Pajak Door To Door

Petugas Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan saat mendata sekaligus melaksanakan kegiatan Door To Door.

Sugeng Pamilu Karyawan
Kepala KPP Pratama Tanjungpandan.

//Tingkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak
      TANJUNGPANDAN – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumsel dan Babel melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Kewajiban Perpajakan melalui kegiatan Door To Door. Kegiatan yang dilaksanakan Door To Door serentak di seluruh Indonesia ini, merupakan agenda tahunan Kanwil DJP Sumsel dan Kepulauan Babel. Di mana tahun ini sekaligus berkenaan dengan Hari Pajak yang diperingati pada 14 Juli mendatang.
      Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan Sugeng Pamilu Karyawan menjelaskan, Door To Door merupakan kegiatan penyisiran ke lapangan oleh petugas pajak dengan mendatangi masyarakat atau wajib pajak. Itu guna memberikan edukasi, menjalin kedekatan dan komunikasi terkait kewajiban perpajakan dan peraturan terbaru.
      Sasaran dari kegiatan Door To Door ini adalah seluruh masyarakat yang mempunyai kewajiban pajak, namun belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Selain itu, juga Wajib Pajak yang sudah ber-NPWP namun belum melaksanakan kewajiban membayar dan/atau melapor.
      “Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kewajiban dan manfaat dari pajak itu sendiri, sekaligus menyampaikan peraturan terbaru secara langsung kepada masyarakat,” ujar Sugeng kepada Belitong Ekspres, Kamis (12/7) kemarin.
      Sugeng melanjutkan, Pemerintah telah mengeluarkan peraturan terbaru yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan (PPh)  atas penghasilan dari usaha yang di terima atau diperoleh Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu.  “Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 23 Tahun 2018 yang menggantikan PP No 46 Tahun 2013 tarif pajak untuk UMKM mengalami penurunan. Jika sebelumnya pajak yang dibayarkan adalah sebesar 1 persen dari omset, kini mulai tanggal 1 Juli 2018 menjadi 0,5 persen,” jelasnya.
      Sugeng menambahkan, kegiatan Door To Door ini telah menjadi agenda rutin bulanan KPP Tanjungpandan. Dengan tujuan menjalin komunikasi dengan masyarakat untuk mengingatkan kembali hak dan kewajiban Wajib Pajak dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan. Serta menyampaikan informasi atau peraturan terbaru secara langsung kepada masyarakat.
      “Kami berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat sebagai Wajib Pajak dan juga kami menghimbau bagi masyarakat yang belum memiliki NPWP agar segera mendaftarkan diri. Lantas bagi Wajib Pajak yang sudah memiliki NPWP untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar,” pesannya.
      Sementara itu, Plh Kasubag Umum KPP Pratama Tanjungpandan Rina Setiyani mengatakan, dari hasil kegiatan Door To Door ini masyarakat merasa senang. Sebab mereka diberikan perhatian dan edukasi mengenai pemahaman tentang manfaat dari pajak.
      “Mereka merasa terbantu ketika didatangi petugas kita di lapangan untuk diberikan edukasi mengenai perpajakan. Sebab sebagian dari mereka yang bekerja sebagai pedagang tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke kantor pajak, meski ada beberapa orang yang enggan terbuka ketika ditanyakan tentang omset atau penghasikan mereka,” tandasnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: