banner 728x90

KPU Beltim Mulai Distribusikan C6

ilustrasi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KPU Kabupaten Belitung Timur mulai melakukan pendistribusian surat pemanggilan kepada pemilih untuk mengikuti pemungutan suara atau undangan C6 ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pendistribusian C6 ditargetkan rampung tiga hari sebelum pencoblosan atau sebelum masa tenang tanggal 14-16 April 2019.

“C6 ini, kami distribusikan kepada tujuh Kecamatan se-Kabupaten Belitung Timur ke PPK. Nanti berjenjang menyerahkan ke PPK sesuai dengan DPT secara keseluruhan disetiap Kecamatan dan diteruskan PPS di Kecamatan masing sesuai DPT setiap Desa,” ujar Ketua KPU Beltim, Rizal saat dikonfirmasi wartawan, Senin (8/4) kemarin.

Menurut Rizal, tiga hari jelang pemilu ditargetkan pendistribusian C6 selesai disampaikan kepada Pemilih. Dalam pendistribusian dibagi menjadi dua kelompok. Rinciannya kelompok pertama untuk wilayah kecamatan Manggar, Damar, Kelapa Kampit, Rengiang dan kelompok kedua ke Kecamatan Gantung, Simpang Pesak, Dendang.

Untuk pendistribusian C6 KPU Beltim telah berkoordinasi dengan Bawaslu Beltim dan juga PPK. Sementara itu, Staf KPUD Beltim urusan Data, Sulistya menyampaikan untuk penulisan C6 acuannya dengan mengunakan DPT terakhir.

Menurut Sulis, ada sebanyak 86.727 lembar C6 yang dibagikan ke pemilih sesuai dengan jumlah DPT terakhir pada 4 April lalu. Berdasarkan pengalaman Sulis saat bertugas di KPU Beltim dalam beberapa pemilu.

Dia mengatakan kendala yang terjadi di lapangan saat pendistribusian formulir C6 yakni, masih terdapat pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT namun pindah tanpa sepengetahuan RT.

“Itu yang menyebabkan C6 tidak tersampaikan, selain itu sulitnya ditemui pemilih karena tidak berada dirumah, atau bekerja dari pagi-sore,” ujar Sulis.

KPU Belitung Timur juga mengimbau petugas PPS tidak bosan-bosan kembali menemui setiap warga yang belum ditemui sehingga C6 bisa disampaikan. (msi)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: