banner 728x90

KPU Lakukan Verifikasi Berkas dari KPPS

banner 468x60

TANJUNGPANDAN-Mendekati jadwal pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung sedang melaksanakan verifikasi berkas yang terkumpul. Berkas itu dari masing-masing calon petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara  (TPS) pada hari Rabu tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Belitung melalui Divisi SDM dan Parmas, Yudi Ariyanto mengatakan, berkas masing-masing KPPS  dari 49 Desa/Kelurahan yang sudah dikoordinir oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebut. Lalu, dikumpulkan oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 5 Kecamatan, untuk kemudian diteruskan ke KPU Kabupaten Belitung.

banner 300x250

“Saat ini memang masih ada PPK yang belum lengkap menyerahkan semua data dan berkas KPPS di wilayah kerjanya kepada kami, hal ini karna ada PPS yang hingga kini masih melaksanakan proses perekrutan KPPS. Memang untuk daerah-daerah tertentu, ada PPS yang mengalami kesulitan dalam merekrut KPPS yang masing-masing berjumlah 7 orang untuk setiap TPS ini,” ungkap Yudi melalui siaran persnya, Rabu (4/1) kemarin.

Menurut Yudi, PPS yang mengalami kesulitan dalam merekrut KPPS tersebut, dialami oleh daerah kepulauan dan desa terpencil dengan jumlah penduduk yang sedikit. Sehingga sangat terbatas SDM yang dapat memenuhi persyaratan, yang diberlakukan dalam proses perekrutan KPPS pada pelaksanaan Pemilukada serentak tahap 2. Seperti, adanya syarat batas usia minimal harus 25 tahun, serta adanya batasan belum pernah 2 periode menjadi KPPS.

“Ini yang menjadi kendala mereka (PPS), karena menurut mereka, yang menjadi KPPS di sana, ya orang-orang itulah, baik itu dari tokoh masyarakatnya, atau tenaga pendidik, atau PNS yang tugas di sana, sehingga mereka itu sudah rata-rata 2 periode. Selain itu, anak baru selesai sekolah atau kuliah yang tinggal di sana pun belum bisa dilibatkan, karena usianya belum 25 tahun. Kendala ini pun, ada juga dialami oleh PPS di daerah perkotaan, dimana tingkat kepedulian masyarakatnya terhadap pemilu yang kurang,” ujar Yudi.

(mg2)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: