banner 728x90

KPU Sosialisasi Kampanye Pilkada

banner 468x60

PANGKALPINANG – Dalam sosialisasi kampanye pada Pilkada Kota Pangkalpinang, KPU Pangkalpinang mengundang empat bakal paslon walikota dan wakil walikota, parpol, OPD, Panwas Kota, perwakilan Pemkot serta Ketua PPK Kota Pangkalpinang, Sabtu (10/2/2018) kemarin.

Kampanye dikatakan Komisioner KPU Pangkalpinang, Wahyu Gusna merupakan wujud dari pendidikan politik masyarakat. Ditujukan agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan. Dan setiap pasangan calon mempunyai hak, kesempatan, dan perlakuan yang adil dan setara dalam kampanye.

banner 300x250

“Dalam kampanye Paslon dapat menambahkan 150% dari jumlah APK yang dibuat KPU, baik baleho, umbul-umbul dan spanduk. Untuk bahan kampanye seperti pakaian, penutup kepala, alat minum, kalender, payung, stiker, pin, kartu nama, alat tulis paslon dapat mencetak paling banyak 100 % dari jumlah kepala keluarga di kota Pangkalpinang,” urai Wahyu Gusna.

Untuk bahan kampanye benda atau bentuk lain yang disebar untuk keperluan kampanye memuat visi, misi, program paslon, simbol atau tanda gambar paslon yg bertujuan mengajak orang untuk memilih paslon tertentu. Dalam kampanye KPU Kota Pangkalpinang akan membuat Jadwal beserta zona Kampanye agar pelaksanaan kampanye dapat berjalan tertib, teratur dan aman.

“Debat Publik atau Debat Terbuka akan dilaksanakan oleh KPU Kota Pangkalpinang 1 kali mengingat ketersediaan anggaran. Rencana kegiatan debat publik di laksanakan bulan Juni mengingat pencoblosan pemilihan walikota dan wakil walikota 27 Juni 2018. Jika Paslon tidak hadir dalam debat publik maka akan diberikan sanksi tidak ditayangkan sisa iklan paslon yang bersangkutan terhitung sejak paslon tidak mengikuti debat publik /debat terbuka,”jelasnya lagi.

Sedangkan kampanye melalui media massa, cetak dan elektronik yang difasilitasi oleh KPU baru dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2018 sampai dengan 23 juni 2018. Dalam masa kampanye Parpol atau Gabungan Parpol, Paslon dan tim kampanye dilarang menjanjikan dan memberikan uang atau materi lainnya untuk memengaruhi Pemilih. Dan jika terbukti melakukan pelanggaran tersebut maka Paslon akan diberikan sanksi berupa pembatalan sebagai paslon oleh Panwas. “Masa kampanye akan dimulai 3 hari setelah penetapan paslon walikota dan wakil walikota Pangkalpinang yaitu dimulai pada tanggal 15 Februari 2018 sampai dengan 23 Juni 2018. Kegiatan Deklarasi Damai Pilkada Serentak di laksanakan diseluruh Indonesia pada tanggal 18 Februari 2018,” tukas Wahyu Gusna. (tob)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: