banner 728x90

KSOP dan Kejari Teken MoU

*Khususnya Dalam Pengawasan Bidang Anggaran

belitung-edisi-16-maret-2017-kejari

Kajari Belitung Nova Elida Saragih dan Kepala KSOP Tanjungpandan Capt Muas Effendi, saat melakukan penandatangganan MoU di Kantor Kejari Belitung.

TANJUNGPANDAN-Rusaknya jalan dermaga di Pelabuhan Tanjung Batu, yang disebabkan truk-truk pengangkut pasir nampaknya menjadi perhatian khusus Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpandan. Dalam waktu dekat ini, pihak KSOP Tanjungpandan akan memperbaiki jalan yang rusak di lokasi itu.

Sebelum melakukan pembangunan, KSOP Tanjungpandan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (Mou), di Kantor Kejari Belitung, Rabu (15/3) kemarin. Bentuk MoU yang dilakukan yakni memback up KSOP di bidang hukum.

Selain itu, Kejari juga ikut melakukan pengawasan anggaran pembangunan dermaja yang bersumber dari dari dana KSOP Pusat Jakarta. Informasinya, dalam pembangunan ini Syahbandar Pusat menggelontorkan dana sebesar Rp 4,2 miliar.

Kepala KSOP Tanjungpandan Capten Muas Effendi mengatakan, rencana pembangunan dermaga yang rusak lantaran truk-truk pengangkut pasir itu akan dilaksanakan pada awal April 2017 mendatang. Segala persiapan sudah dilakukan, di antaranya menunjuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan kontraktor.

KSOP Tanjungpandan menggandeng Kejari Belitung untuk mengawasi pembangunan dermaga itu, agar kinerja dari pihak PPK maupun kontraktor maksimal khususnya dalam mengelola anggaran.

“Kami mengucapkan terimakasi kepada pihak Kejari Belitung, yang mendukung pembangunan proyek ini,” ujar Capt Muas, kepada Belitong Ekspres. Dia berharap, kerjasama ini dapat berjalan sesuai apa yang diinginkan.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belitung Nova Elida Saragih mengatakan, peran kerjaksaan dalam proyek ini sebagai pengacara negara, fungsinya yakni melakukan pengawasan khususnya di bagian anggaran.

Selain itu, peran utama Kejari Belitung juga dapat melakukan penghentian proyek, jika saat masa pekerjaan ditemukan indikasi-indikasi kecurangan dalam proyek ini. “Kita akan meniup peluit, jika ada indikasi kecurangan khususnya dalam masalah anggaran,”ungkap Nova.

Wanita asal Medan ini mengapresiasi pihak KSOP yang mempercayakan Kejari Belitung untuk mengawal proyek ini. “Untuk selanjutnya, silahkan mulai bekerja dan jangan takut untuk menggunakan anggaran, asal benar,” pungkasnya. (kin)

Related Search

Rate this article!
KSOP dan Kejari Teken MoU,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: