banner 728x90

KSOP Pangkalpinang Siapkan 6 Armada

PANGKALPINANG – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, menyiapkan enam armada laut atau kapal untuk mengangkut penumpang lebaran melalui pelabuhan. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Andriawan Simanungkalit menyatakan, enam kapal yang dikerahkan dalam arus mudik melalui pelabuhan itu menuju Belitung dan Jakarta sangat layak dioperasikan.

“Enam armada kapal yang beroperasi melayani angkutan mudik melalui pelabuhan Pangkalbalam yakni enam unit Kapal Roro. Sebenarnya ada tujuh, namun satu kapal harus masuk dok. Hal itu sesuai dengan peraturan menteri, jika kapal memang harus masuk dok, maka tidak boleh dioperasikan,” katanya, Kamis (23/6) kemarin.

Dikatakannya, guna melayani dan meberikan kenyamanan kepada para penumpang, pihaknya juga menyediakan Pos Siaga di pelabuhan itu hingga setelah Idul Fitri 1437 Hijriah. Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan pengecekkan langsung untuk menguji kelayakan kapal tersebut. Menurutnya, enam kapal tersebut cukup untuk mengangkut jumlah penumpang yang diperkirakan tahun ini akan terjadi penurunan yang cukup tinggi.

“Walaupun tahun belakangan terjadi penurunan penumpang lantaran kalah saing dengan transportasi udara. Namun kami tetap melaksanakan persiapan pelayanan arus mudik,” jelasnya.

Ia mengatakan, guna memerikan pelayanan kepada para calon penumpang, pihaknya juga melakukan pengecekan kesiapan kapal penumpang, mulai dari kondisi parkir angkutan kendaraan, peralatan navigasi dan komunikasi, perlengkapan keselamatan seperti Life Jacket hingga kebersihan anjungan kapal.(ant/rb)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: