banner 728x90

Kunjungan Wisman ke Belitung Naik 23 Persen

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ir Hermanto

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ir Hermanto

Tiket Mahal Tidak Berpengaruh Besar

iklan swissbell

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ir Hermanto mengungkapkan, libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah memberikan pengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Negeri Laskar Pelangi.

“Pada beberapa akomodasi hotel tertentu selama masa lebaran, Alhamdulillah ada yang full-booking. Walaupun secara kuantitas lebih rendah dibanding tahun kemarin,” ujar Hermanto kepada Belitong Ekspres, Senin (24/6) kemarin.

Menurutnya, beberapa lokasi destinasi wisatapun kondisinya cukup ramai dikunjungi. Namun, kondisi wisatawan secara keseluruhan baik wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) mengalami penurunan.

Penurunan kunjungan wisatawan ke Belitung terjadi pada kurun waktu bulan Januari sampai April 2019 mencapai 32 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2018 lalu.

Jika dianalisis lebih dalam kata Hermanto, ada fenomena berbeda antara wisnus dan wisman. Untuk kunjungan wisnus dari Januari sampai April 2019 trendnya menurun dibanding 2018, walaupun di kondisi April ada indikasi kenaikan.

Sedangkan untuk wisman hanya angka kunjungan pada bulan Januari 2019 yang lebih rendah dari Januari 2018. Sedangkan bulan Febuari, Maret dan April lebih besar dari kondisi bulan Februari, Maret dan April 2018 lalu.

“Secara keseluruhan untuk wisman selama Januari sampai April 2019 ada peningkatan kunjungan sebesar 23% dibandingkan Januari – April 2018,” beber Hermanto.

Hermanto menyimpulkan, dengan demikian tingginya harga tiket penerbangan domestik hanya berpengaruh besar terhadap penurunan kunjungan wisnus, tetapi tidak untuk kunjungan wisman.

“Jika dianalisa kunjungan wisatawan mancanegara khususnya, dari bulan Februari, Maret dan April 2019 mengalami trend positif jika bandingkan di bulan yang sama pada tahun sebelumnya,” pungkasnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: