banner 728x90

Landasan Pacu Bandara Hanandjoeddin Diperluas

banner 468x60
babel-edisi-05-januari-2017-bandar-internasional

BANDARA INTERNASIONAL-Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Belitung, pada Februari mendatang , akan berubah status menjadi Bandara internasional. Sebagai penunjang status Bandara Internasional tersebut, landasan pacu akan diperpanjang. Termasuk fasilitas pendukung lainya juga dibangun. Nampak suasana keberangkatan penumpang yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia, belum lama ini. Foto: Yudiansyah | BE

PANGKALPINANG РPemerintah berencana memperluas landasan pacu Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Kabupaten Balitung. Proyek ini rencananya akan dilakukan pada tahun 2017  guna mengakomodasi pesawat berbadan lebar dengan menelan dana  mencapai Rp.8 miliar.

banner 300x250

“Ya pada tahun 2016 lalu, kita sudah menganggarkan pengerasan landasan pacu, nah untuk ditahun 2017 ini kita anggarkan lagi untuk perluasan lagi. Ada perencanaan dari kita, agar bandara Hanandjoeddin itu akan kita jadikan bandara Internasional,”ungkap Anggota Banggar DPRD Babel Ahmad Mughni, Rabu (4/1), kemarin.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan sarana dan prasarana perluasan landasan pacu bagi bandara, Komisi III DPRD Babel Kamis (5/1), hari ini bertolak ke Belitung. “Untuk proses sudah hampir clear, seperti lahan, tapi memang ada lahan TNI Angkatan Udara (AU) yang masih dalam tahap pembicaraan dan itu juga sudah hampir clear, rencananya akan dilakukan tukar gulir,”ungkapnya.

Selain itu, untuk memastikan anggaran yang dikucurkan pada tahun 2017 untuk perluasan landasan bandara, diharapkan dapat benar-benar bermanfaat bagi Kabupaten Belitung. “Kita akan menekankan lagi, terlebih lagi ini berkaitan dengan keselamatan di bandara, maka bahan matrial untuk penimbunan dilokasi kita harus pastikan sesuai. Itu yang akan kita lakukan disana bersama dengan Dinas terkait,”katanya.

“Belitung itu merupakan daerah pariwisata, dan harus diimbangi dengan fasilitas-fasilitas penunjang, dan kita minta dinas terkait seperti dinas Pariwisata, PU. Kalau kita mengandalkan APBD kita memang lamban, maka itu percepatan pembangunan itu kita minta dinas terkait untuk bisa bekerjasama dengan pusat dan ini yang perlu kita tekankan. Apalagi dnegan kondisi keuangan Babel sekarang percepatan pembangunan lamban, jadi mau tidak mau harus ada campur tangan pusat,”tutupnya. (wah)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: