banner 728x90

Lanud ASH Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440H/2018M, di Gedung Balai Prajurit Wira Angkasa, Lanud ASH, Kamis (22/11) malam.

TANJUNGPANDAN – Pangkalan TNI AU (Lanud) H. AS Hanandjoeddin (ASH) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440H/2018M, di Gedung Balai Prajurit Wira Angkasa, Kamis (22/11) tadi malam. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota Lanud H. AS Hanandjoeddin. Baik, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS.

Tema Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah adalah, ‘Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan Bagi Prajurit dan PNS TNI yang Berjiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal dengan Rakyat.’

Danlanud H. AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang mengatakan, memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW, agar melakukan perubahan menuju peningkatan kualitas iman dan taqwa. Yaitu, ketaqwaan personal sekaligus ketaqwaan sosial dan kultural.

“Maulid, bisa pula dimaknai sebagai inspirasi menuju spiritualisasi diri sekaligus transformasi nilai. Sehingga, kita semua menjadi integritas pribadi muslim yang berkarakter pejuang yang mukhlis, jujur dan tangguh,” ujarnya.

Oleh karena itu, pesan Letkol Pnb Akal Juang, dalam memaknai Maulid, yang terpenting bukan perayaannya yang bersifat seremonial. Namun, pencerahan moral dan spiritual Nabi sebagai pemimpin teladan dan pendidik karakter Islam sepanjang masa. Sebab, keberhasilan beliau menjadi pemimpin paling berpengaruh di dunia. Itu, bukan semata-mata karena faktor keturunan orang baik, melainkan kepribadian moralnya yang mulia dan patut diteladani.

“Maulid Nabi Muhammad SAW sarat dengan penanaman nilai-nilai humanis sebagai sarana pendidikan karakter. Beliau diutus dalam menyempurnakan akhlak, serta mendidik umat manusia untuk belajar sabar menghadapi berbagai ujian dan cobaan kehidupan. Contoh sifat Nabi Muhammad juga mampu menjadi role model bagi umat Islam. Khususnya, Insan TNI Angkatan Udara,” imbuhnya.

Menurut Lulusan AAU 1998 ini, Nabi Muhammad memiliki sifat, Ksatria, sebagai pejuang yang tangguh. Militan, sifat pantang menyerah. Loyal, selalu mengingat Allah dan para umatnya. Profesional, sebagai Ulama dan Umara. Modern, selalu ingin belajar dan menimba ilmu. Manunggal, menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku. Hal ini sesuai dengan tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah kali ini.

“Oleh karena itu, kami mengajak kepada seluruh prajurit, agar mampu mengambil hikmah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam menjalankan tugas sebagai personil TNI AU. Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas, merupakan motivasi yang harus dikembangkan untuk mencapai kualitas diri yang semakin matang. Sosok prajurit TNI Angkatan Udara seperti ini lah yang sangat dibutuhkan di masa sekarang,” tutup Ayah dua anak itu.

Acara ini dihadiri, Asisten I Setda Kabupaten Belitung Mirang Uganda, Kapolres Belitung AKBP Yudhis W, Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Ruhin, Kaden Brimob Detasemen B Pelopor Kompol Dodi, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 11/ DI Lanud H. AS Hanandjoeddin Ny. Santi Akal Juang, anak-anak panti asuhan masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya. Penceramah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440H Lanud H. AS Hanandjoeddin adalah Ustad Muhammad Kurnia, LC, MA.(*)

Related Search

Tags:
author

Author: