banner 728x90

Lomba Gerak Jalan Membludak Peserta Tembus 495 Regu

Lomba Gerak Jalan Kabupaten Beltim, Sabtu (12/8) pekan lalu.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Membludaknya jumlah peserta lomba gerak jalan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) di luar prediksi panitia pelaksana. Tingginya antusius masyarakat Beltim yang ingin berpartisipasi mengikuti perlombaan tersebut baru pertama terjadi. Itu pun terjadi tepat pada saat hari pelaksanaan.

“Saat Technical Meeting kemarin (sebelumnya,red) jumlah peserta mencapai 444 regu. Ketika hari pelaksanaan nambah lagi peserta yang mendaftar. Jadi total pesertanya diperkirakan menjadi 495 regu,” kata Kadispora Beltim Gustaf Pilandra saat ditemui wartawan disela kegiatan, Sabtu (12/8) akhir pekan lalu.

Semula Gustaf tak mengira, kegiatan lomba gerak jalan tahun ini meningkat pesat jika dibandingkan dengan jumlah peserta tahun lalu. Ia mengatakan tahun sebelum hanya diikuti kurang lebih 300 peserta.

“Kami juga tidak menyangka dengan antusias masyarakat yang mengikuti lomba pada tahun ini. Peningkatannya luar biasa dari tahun lalu. Padahal pasca bencana banjir, malah banyak pesertanya,” sebut Gustaf.

Gustaf menjelaskan peserta yang mengikuti lomba tersebut dibagi menjadi beberapa kategori. Gerak jalan ini dimulai sedari pagi hingga selesai. Lalu dilanjutkan kembali siang harinya.

Lebih rinci Gustaf menerangkan, lomba tersebut dimulai dari tingkat SD yang dengan jumlah peserta 161 regu. Sedangkan kategori SMP/SMA dan Umum dimulai selanjutnya.

“Untuk tingkat SMP ada sekitar 140 regu. SMA 128 regu dan umum 108 regu. Satu regunya diikuti oleh 11 orang. Jadi kalau dulu sekolah yang menentukan ikut gerak jalan ini,” ujarnya.

“Tapi di tahun 2017 ini murid-murid sendiri yang menentukan mau ikut atau tidak nya gerak jalan. Disini saya merasakan semakin terasa semangat nasionalis. Ini memberikan dampak yang sangat positif,” sambungnya.

Senada disampaikan Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan Rosly. Ia juga merasakan bahwa semangat nasionalisme nampak terlihat. Itu ditunjukkan dengan tingginya antusias peserta.

“Ini salah satu ajang untuk mengangkat masyarakat atas rasa nasionalis individunya sangat tinggi. Terbukti dengan antusiasnya masyarakat mengikuti lomba ini,” ucap Rosly.

Pantauan Belitong Ekspres dilokasi, untuk kategori umum tidak hanya diikuti oleh instansi kepemerintahan, tetapi ada pula masyarakat yang datang dari berbagai desa, komunitas, dan lainnya.(feb)

Related Search

Tags:
author

Author: