banner 728x90

Lomba Wisata Kuliner Sukses

banner 468x60

Salah seorang Juri Desi Trisnawati mecicipi salah satu hidangan dari peserta Lomba.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Acara lomba wisata kuliner dengan Tema Kreatif Cita Rasa Belitong Berjalan Sukses. Kegiatan yang ini dilaksanakan di Taman Hiburan Wisata Tanjung Pendam Minggu (30/7) kemarin. Tujuannya untuk mengajak masyarakat supaya menjaga dan melestarikan kuliner khas daerah, sekaligus mempromosikan dan mengeksplor budaya Belitong untuk perkembangan pariwisata.

banner 300x250

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi, kegiatan yang digagas oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Belitung ini diikuti oleh sebanyak 16 Tim peserta. Terlihat, para peserta lomba begitu bersemangat mengolah masakan dan jajanan (kue) yang nantinya akan dinilai oleh tim juri.

Kepala Dinas Pariwisata Hermanto mengatakan, lomba ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner terhadap usaha dan kreasi yang telah dilaksanakan kan dalam mengembangkan kuliner belitong.

Selain itu, juga untuk menjaga dan menumbuh kembangkan budaya daerah, khususnya dalam berkreasi, mengolah makanan dan kue hantaran pengantin laki-laki yang lebih lanjut bisa menjadi daya tarik obyek wisata budaya.

“Kita juga ingin memberikan motivasi dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) terutama bagi para pelaku usaha kuliner sehingga mereka memiliki wadah untuk bisa berkreasi lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut Hermanto, potensi kekayaan budaya daerah itu bisa dikembangkan dan dijadikan peluang untuk mengangkat ekonomi suatu daerah. Selain itu, bisa menciptakan lapangan maupun kesempatan bekerja dan untuk usaha.

“Tentunya saya berharap melalui kegiatan ini akan tumbuh dan berkembang insan kreatif di bidang kuliner yang dapat memanfaatkan sumber potensi daerah,” pungkas hermanto.

Sementara itu Desi Trisnawati selaku juri lomba mengatakan, pada dasarnya masakan Nusantara memang enak. Cuma, butuh diperkenalkan dan dipromosikan saja.

“Saya harapkan kegiatan ini tidak berhenti hanya sampai di sini. Kalau berhenti sampai disini itu hanya akan menjadi sebuah monumen bukan sebagai momentum. Sebab, budaya kuliner khas suatu daerah mampu menarik wisatawan untuk datang dan menciptakan kesempatan dan peluang pekerjaan,” kata perempuan yang pernah menjadi juara pertama di Master Chef seasion II Indonesia ini.

Sedangkan chef ternama Belitung Isneni mengatakan, budaya kuliner atau makanan khas Belitung harus tetap dijaga dan dilestarikan. Sebab, makan lokal merupakan suatu aset untuk mendukung kemajuan pariwisata suatu daerah.

“Budaya kuliner Belitung harus tetap di jaga baik cita rasa dan cara penyajian nya sebab itu merupakan salah satu poin daya tarik bagi wisatawan. Kegiatan lomba kuliner ini sangat positif dan saya berharap kedepan nya anak-anak remaja belitung bisa ikut berpartisipasi sehingga mereka bisa belajar dan menjaga kelestarian kuliner khas Belitung,” pintanya.

Terpisah ketua panitia kegiatan Alex sander Ihsan mengucapkan syukur alhamdulillah kegiatan lomba kuliner ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Ini merupakan kegiatan perdana. Alhamdulillah antusias peserta juga animo masyarakat sangat tinggi,” ujarnya.

Dijelaskannya, salah satu daya tarik kegiatan ini adalah bagaimana para peserta menyajikan masakan pengantar bagi keluarga yang akan melangsungkan pernikahan.

“Jadi para peserta diajak untuk melestarikan budaya tradisional terutama, untuk antaran makanan bagi mempelai pria dalam acara pernikahan baik itu makanan maupun jajanan (kue-red),” ucapnya. (rez)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: