banner 728x90

Maras Taun Selat Nasik, Lepat Gede 100 Kg Siap Dipotong

banner 468x60
even-edisi-13-april-2017-doa-bersama-maras-taun

Doa bersama yang mengawali puncak acara Maras Taun di Pulau Mendanau Selat Nasik.

SELAT NASIK – Acara Maras Taun di Pulau Mendanau, Selat Nasik, sudah dimulai, sejak Senin (10/4) lalu. Sejumlah rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan, di antaranya Yasinan dan Istighosah bersama dengan dukun kampong setempat.

banner 300x250

Rencana kegiatan akan berjalan hingga acara puncak, Minggu (16/4) mendatang. Berbagai kesenian khas Belitong sudah mulai dipertunjukan di antaranya musik campak, permainan Lesung Panjang dan Beripat Beregong.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres, pada acara puncak akan ada pemotongan lepat gede, seberat kurang lebih 100 kilogram (kg). Lepat-lepat tersebut juga akan diberikan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.

Rencana sejumlah pejabat seperti Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani, Kapolres Belitung AKBP Sunandar, dan Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko Saptono hadir dalam event tahunan ini.

Untuk mengamankan jalannya kegiatan ini, Polres Belitung mengerahkan puluhan pasukannya yang disebar di beberapa titik. Di antaranya Pelabuhan Pegantungan Badau, hingga ke Pelabuhan Tanjung Nyato Selat Nasik.

Kapolsek Selat Nasik Iptu Hardi Kunarso mengatakan, acara pembukaan Maras Taun sudah dimulai beberapa hari lalu yang ditandai dengan pembacaan kitab-kitab suci dan prosesi adat setempat.

Untuk pengamanan, Polsek Selat Nasik akan menurunkan kekuatan penuh. Saat ini para anggotanya sudah mulai berjaga-jaga dan melakukan pengawasan disetiap rangkaian kegiatan Maras Taun. “Untuk kegiatan dipusatkan di Pelabuhan Ikan Selat Nasik Desa Petaling,” ujar Ipda Hardi, kepada Belitong Ekspres, Rabu (12/4) kemarin.

Diprediksi acara ini akan berjalan semarak. Ribuan masyarakat Belitung akan memadati Pulau Mendanau. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia sudah menyiapkan puluhan kapal untuk mengangkut para pengunjung khususnya wisatawan.

“Setelah sampai di Tanjung Nyato, para pengunjung akan dijemput dengan truk-truk yang sudah disediakan oleh panitia maupun dari Jajaran Polsek Selat Nasik,” pungkas Ipda Hardi Kunarsno. (kin)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: