banner 728x90

Marinir Jaga Bawah Laut 7 Top Destinasi Pariwisata

banner 468x60

Komandan Marinir Mayjen (TNI) Buyung Lalana mengatakan akan terus menjalani aktivitas pelestarian lingkungan, dan mendukung pariwisata.

“Kami akan terus menyisir pantai-pantai, melakukan transplantai terumbu karang, membereskan sampah di Teluk Jakarta yang luar biasa banyak,” kata Mayjen Buyung Lalana saat diterima Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi komitmen Korps Marinir TNI AL, yang peduli konservasi bawah laut Nusantara, mulai dari membiakan terumbu karang, menjaga habita biota laut, sampai menanam mangrove di bibir pantai.

banner 300x250

“Saya senang jika gerakan ini menyentuh tujuh dari 10 Top Destinasi Pariwisata Prioritas yang ditetapkan Presiden Joko Widodo,” kata Menpar Arief Yahya.

Tujuh Destinasi itu adalah Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Mandalika (Lombok), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sultra), dan Morotai (Maluku Utara).

Tidak tertutup kemungkinan kawasan wisata berbasis maritim lainnya; Bunaken (Manado), Lembeh (Bitung), Derawan (Kaltim), Raja Ampat (Papua), Sabang (Aceh), Bintan (Kepri), dan lainnya, ikut dijaga.

“Pariwisata adalah memanfaatkan potensi keindahan laut untuk mendapatkan devisa dari turisme,” ujar Menpar Arief Yahya.

“Jadi, semua yang dilakukan Korps Marinir — mentranspantasi terumbu karang, menanam mangrove, sampai membersihkan sampah di laut, patut diapresiasi,” demikian Arief Yahya.

Menurut Meyjen Buyung Lalana, Korps Marinir sangat peduli dengan kondisi terumbu karang yang memprihatinkan. Indonesia memiliki terumbu karang selua 60 ribu kilometer. Dari jumlah itu, 39,76 persen rusak berat, 31,46 persen rusak.

“Hanya 22,58 persen yang masuk kategori bagus, dan 6,1 persen sangat bagus,” kata Mayjen Buyung Lalana. “Penyebabnya adalah pengambilan karang secara liar, sedimentasi, kenaikan keasaman laut, dan lainnya.”(be)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: