banner 728x90

Masyarakat Terpaksa Bersaing dengan TKA

banner 468x60

PANGKALPINANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta masyarakat untuk tidak takut bersaing dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) dalam dunia kerja. Apalagi TKA asing kian bertambah dan sekarang  berjumlah 381 orang yang tersebar di beberapa sektor kerja.

“Kalau tenaga kerja kita punya kompetensi, kenapa harus takut untuk membatasi orang asing. Paling penting kita harus punya kompetensi dan harus bisa bersaing, baik kompetensi maupun attitude. Dalam bekerja attitude harus baik karena itu jadi penilaian,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Babel, Didik Suprapto kepada Babel Pos, baru-baru ini.

banner 300x250

Diungkapkan Didik, 381 TKA tersebut bekerja di beberapa sektor dan tersebar di sejumlah kabupaten/kota di wilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung.

“Data valid TKA masih dikumpulkan, Desember masih transisi, dari kabupaten kota belum masuk karena ada ijin IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing) yang dikeluarkan kabupaten/kota, dan ada yang dikeluarkan oleh provinsi data dinamis, mungkin beberapa hari lagi baru ada data valid. Sekarang masih 381 TKA di 2016 di bulan Desember,” bebernya.

Didik berharap jumlah TKA itu bertambah, mengingat bisa menjadi sumber pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi maupun kabupaten kota.

“Jumlah yang bertambah tapi yang legal, bukan yang ilegal.
Untuk pemakaian VISA wisata tapi kenyataannya mereka bekerja, kalau mereka menggunakan itu hanya untuk jalan-jalan tidak ada masalah, tapi kalau mereka menggunakan VISA tapi mereka bekerja, itu tidak boleh,” jelasnya.

Ia menegaskan, pekerja asing yang mendapat IMTA di lingkup kabupaten/kota tertentu hanya bisa berada sesuai kabupaten kota tersebut. Hanya, Provinsi yang mengeluarkan IMTA baru bisa lintas kabupaten kota.

“Bila mau antar kabupaten harus yang mengeluarkan IMTA dari kita, ada pemasukan untuk provinsi, misal mereka mengeluarkan di kabupaten Belitung harus ada di kabupaten itu sendiri, tapi yang dilintas kabupaten masuk ke provinsi. Kalau memang ada informasi sampaikanlah ke kita, karena SDM kita terbatas,” pungkasnya. (fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: