banner 728x90

Media Beri Penilaian Positif

banner 468x60

*Dalam Tren Pariwisata Belitong atas Hasil Analisa Kementerian Pariwisata

TANJUNGPANDAN-Belitung mendapatkan nilai positif pada penilaian rekapitulasi pemberitaan periode September 2015 – Maret 2016 atau tujuh bulan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata RI, berita terkait Tanjung Kelayang sebagai 10 destinasi prioritas Indonesia menunjukan nilai 89 persen positif, dan 11 persen netral, alias tidak ada berita negatif.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung Ir Hermanto mulanya terkejut dengan penilaian itu. Karena sebelumnya tidak ada pemberitahuaan akan dinilai. Pemberitaan positif dan media lokal dan nusantara, kata Hermanto sangat diperlukan untuk kemajuan pariwisata.

banner 300x250

“Kita benar-benar tidak tahu ada penilaian begitu. Ini barusan staf dari Kemenpar ketemu saya. Yang sangat membanggakan tidak ada berita negati tentang kita,” kata Hermanto pekan lalu.

Sedangkan untuk tema Gerhana Matahari Total (GMT), menunjukan nilai 76 persen positif, 24 persen netral, dan tidak ada nilai negatif.

Hermanto menjelaskan, hasil ini sangat bermanfaat untuk perkembangan pariwisata Belitong. Pemerintah daerah mendapat analisis yang akan digunakan untuk penyusunan strategi media maupun strategi pemda sendiri. Selain itu, pelaku wisata, dan media juga mendapat informasi untuk macam-macam strategi.

Penilaian ini melibatkan 55 media lokal dan nasional, 49 online news, dan enam printed untuk kategori Belitung sebagai 10 destinasi prioritas. Sedangkan tema persiapan Belitung sebagai wilayah yang dilintasi GMT melibatkan 38 media lokal dan nasional. 37 online new dan satu TV news. (ade)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
author

Author: