banner 728x90

Melati Minta UMKM dan IKM Selalu Inovatif

banner 468x60
5

Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj Melati Erzaldi Rosman saat menerima bingkisan dari pelaku usaha UMKM, Kamis (13/7), kemarin.

PANGKALPINANG -Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Pulau Bangka,  bersilaturahmi dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Babel), Hj Melati  Erzaldi Rosman di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Kamis (13/7), kemarin.

banner 300x250

Dalam kesempatan ini pula dilakukan penandatanganan MoU antara toko oleh oleh khas Bangka Belitung Gale-gale dengan Bank BJB serta Pelaku UMKM dan IKM sebagai pendorong terbentuknya kerja sama antara pihak Pemerintah, Masyarakat dan swasta yang disaksikan langsung ketua Dekranasda Babel, Hj Melati.

Melati Erzaldi dalam sambutannya menyampaikan, Babel sebagai daerah yang terkenal akan timahnya, namun seiring berjalannya waktu timah akan semakin habis, sehingga masyarakat beralih ke sektor lain. Dan di saat inilah bermunculan UMKM dan IMKM  yang menjadi Kekuatan utama Pasca Timah.

Selain itu, dengan meningkatnya program Pemerintah di sektor Pariwisata menambah kekuatan bagi sektor UMKM dan IKM ini, karena menurutnya, UMKM dan IKM tidak dapat dipisahkan dengan Pariwisata.

Produk-produk hasil UMKM dan IKM Bangka Belitung pun tidak kalah dibanding dengan di daerah lain, hanya perlu dipoles saja. Dan salah satu permasalahan bagi UMKM dan IKM Bangka Belitung adalah tempat pemasaran.

‚ÄúMudah-mudahan melalui momentum ini, para pelaku¬† UMKM dan IKM tetap semangat, karena kedepan kami bersama dengan pihak swasta, dan dukungan masyarakat akan berupaya meningkatkan UMKM dan IKM di Bangka Belitung ini menjadi sektor Unggulan di Bangka Belitung,‚ÄĚujarnya.

Berkaitan dengan MoU, Bank BJB sebagai akses permodalan akan mendukung UMKM dan IKM, Sedangkan pihak swasta, dalam hal ini Toko oleh-oleh Gale-gale akan menjadi tempat pemasaran dengan para pengrajin yang ada menitipkan Produk UMKM dan IKM  di tempat ini, seperti di beberapa daerah di Indonesia.

Dengan dukungan Gubernur juga masyarakat Bangka Belitung, dirinya yakin UMKM dan IKM Bangka Belitung akan maju.

Sementara Gubernur Babel sekaligus Pembina TP PKK dan Pembina Dekranasda Babel, H  Erzaldi Rosman yang juga hadir dalam kesempatan mengajak Pelaku UMKM dan IKM untuk selalu kreatif dan Inovatif, terlebih pada saat Pemprov Babel gencar-gencarnya memajukan sektor Pariwisata.

Dijelaskannya, ketika banyak bermunculan obyek wisata di beberapa Daerah di Bangka Belitung ini, harus didukung sarana dan prasarana yang ada, salah satunya adalah UMKM dan IKM ini. ‚ÄúJangan ada di objek wisata yang di jual makanan, snack atau minuman yang biasa, sediakan makanan, minuman khas Bangka Belitung,‚ÄĚ sarannya.

Pemerintah Provinsi, dikatakan Erzaldi, kedepan  selain akan menyediakan tempat promosi, dan memfasilitasi permodalan yang  bekerjasama dengan Toko Oleh Gale-gale beserta Bank BJB, juga akan membantu para pelaku UMKM dan IKM ini, dengan pemasaran menggunakan Teknologi Informasi.

Namun, demikian ditegaskan Gubernur, seluruh produk yang dihasilkan harus Inovatif, menarik, packaging juga menarik, dan harga terjangkau, untuk produk makanan, dari pengolahan sampai penyajian harus bersih, higienis, enak dan halal.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, H. M. Yuliswan menambahkan,  dalam era Globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi sebuah peluang bagi UMKM dan IKM, dengan meningkatkan produknya.

‚ÄúDiharapkan Bangka Belitung dapat bersaing dengan masyarakat Internasional,‚ÄĚ ujar Yuliswan.

Silaturahmi ini selain dihadiri Gubernur, Ketua Dekranasda yang juga Ketua TP PKK Provinsi Babel, juga dihadiri Hj. Laksmi Abdul Fatah, Kartini Yan Megawandi  dan perwakilan Bank  BJB, BRI, pelaku UMKM serta IKM se Babel.(wah)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: