banner 728x90

Menanti Harapan Desa Buding Jadi Terbaik Regional Sumatera

banner 468x60

banner 300x250

belitongekspres.co.id, KELAPAKAMPIT – Kepala Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit menanti harapan agar Desa Buding menjadi yang terbaik pada lomba Desa Tingkat Nasional. Desa Buding dipastikan masuk dalam tiga besar Lomba Desa wilayah 1 (Sumatera) tingkat nasional. Kepastian diperoleh setelah mereka menggelar paparan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (9/8) pekan lalu.

Saat dihubungi wartawan, Kepala Desa Buding Mardini menjelaskan bahwa tema yang dipaparkan saat itu adalah tentang penyelenggaraan Pemerintah Desa, kemasyarakatan dan kewilayahan.

Mardini terdengar bersemangat saat menceritakan sambutan meriah saat mereka melakukan paparan dihadapan tim penilai yang diketuai oleh Direktur Jendral Bina Pemerintah Desa Kemendagri Dr. Nata Irawan, akademisi IPDN dan para undangan. Tampak pula hadir Bupati Beltim Yuslih Ihza, Wagub Babel Abdul Fatah, OPD terkait hingga pihak Pemerintah Kecamatan Kelapa Kampit.

Usai paparan dan dipastikan masuk tiga besar wilayah I, pengumuman pemenang Lomba Desa akan disampaikan pada acara temu karya nasional di Jakarta pada 15 Agustus 2017 nanti.

“Kami semua berharap semoga Desa Buding bisa mengharumkan nama baik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tingkat nasional dengan menjadi juara satu,” ujar Mardini, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza mengapresiasi masuknya Desa Buding dalam tiga besar wilayah I Lomba Desa di tingkat nasional. Masuknya Desa Buding sebagai tiga besar di wilayah satu bersama dua desa lainnya di wilayah Sumatera, yakni dari Lampung dan Kepulauan Riau. Ini dinilai merupakan prestasi di Beltim dan Babel.

Yuslih mengatakan, meskipun belum resmi diumumkan di tingkat akhir. Sebagai tolak ukur, Yuslih menyatakan tidak mungkin jika desa-desa di Sumatera diadu dengan desa-desa di Pulau Jawa atau Bali untuk kemudian diambil menjadi juara nasional.

“Mereka sudah calon juara nasional, dan sudah bisa disebut juara nasional. Kayak PAD Desa Buding itu Rp 80 juta, di Sumatera itu besar. Tapi kalau di Jawa sana, tidak seberapa jumlah segitu,” ujar Yuslih.(mg1)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: