banner 728x90

Mendorong Pariwisata 2019

ilustrasi pariwisata babel. Foto : Sahrul Yunizar/Jawa Pos

“Jembatan Cinta, Kawasan Hutan Manggrove & Tanjung Kerasak Aset Wisata Bangka Selatan”

Oleh : Sabry Saputra (Sudja)
Penikmat Wisata / Penulis Buku Aspirasi Untuk Negeri

Pariwisata ternyata tidak hanya sekedar keindahan dan keunikan sebuah destinasi saja yang selalu dinilai oleh seseorang ketika berkunjung melakukan beberapa trip. Akan tetapi lebih dari itu, pariwisata juga sangat ditentukan bagaimana suatu destinasi tersebut dikemas dan dikelola dengan rapi oleh pemerintah dan penduduk setempat untuk menarik wisata dan wisatawan dalam menikmati keindahan objek yang ada disekitaran tempat wisata.

Disini gaes kita akan mencoba beralih ke objek wisata pulau selatan provinsi Bangka Belitung yaitu negeri junjung besaoh kabupaten Bangka Selatan untuk mengangkat sebuah objek wisata yang ada di negeri tersebut salah satunya Kawasan jembatan cinta dan hutan Mangrove desa Tukak Sadai dan pantai Tanjung kerasak desa pasir putih kecamatan Tukak Sadai. Keindahan alam yang membuat penikmat wisata untuk mendalami destinasi wisata tersebut. Selain wisatawan lokal Bangka Selatan juga sering didatangi oleh para penikmat wisata diluar kabupaten Bangka Selatan.

Jembatan cinta yang dikelilingi oleh tanaman mangrove membuat suasana semakin adem ketika memasuki didalam Kawasan ini. Disela-sela mengelilingi wisata jembatan cinta dan hutan mangrove yang penuh dengan nuansa cinta juga ada saung-saung sebagai wadah untuk para penikmat wisata untuk berteduh dan menikmati suasana laut yang begitu indah disiang maupun sore hari.

Kali ini gaes kita melakukan perjalanan menuju trip ke dua objek wisata tersebut. Karena wisata alam yang hits dikalangan masyarakat kabupaten Bangka Selatan ini menjadi pusat perhatian untuk menikmati keindahan alam yang benar-benar sebagai tempat liburan dan tempat mencari sebuah inspirasi baru. Wisata jembatan cinta dan kawasan hutan mangrove yang ada di Desa Tukak, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, yang mana pada akhir-akhir ini ramai dikunjungi wisatawan lokal semakin membuat rombongan ngotot ingin nge-trip ditempat tersebut. Untuk mencapai tempat ini, kami bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat. Jaraknya tempuh sekitar 30-40 menit jaraknya lebih kurang 25 KM dari pusat kota Toboali, Bangka Selatan.

Analisis sederhana kita bahwa desa wisata tidaklah harus memiliki kekayaan alam atau objek wisata alam yang indah. Bahkan yang lebih utama adalah creating value dengan cara creating uniqueness. Dengan kata lain desa tersebut harus menciptakan nilai lebih dengan keunikan yang dimilikinya dan bagaimana mengemas dan mengelola keindahan yang ada. Jembatan cinta, Kawasan hutan mangrove ini telah membuktikan bagaimana pengemasan dan pengelola pantai ini sehingga tercipta suasana yang begitu indah seperti saat ini.

Sesampai dijembatan cinta dan kawasan hutan mangrove, sebelum melanjutkan keliling diseputar kawasan rombongan mencoba menikmati makanan tradisional usaha dari penduduk sekitar; empek-empek, goreng pisang, bakso dan es kelapa muda sambil menikmati suasana laut dengan ombak yang begitu tenang semakin membuat suasana nyaman diseputaran ini walaupun suasana panas dilewati dengan menikmati es kelapa semakin terasa lega dahaga. Setelah itu rombongan langsung menikmati dengan keliling Kawasan tersebut. Dikawasan tersebut terdapat banyak sport untuk berfoto-foto dengan sport yang berbeda-beda.

Setelah menghabiskan waktu menikmati objek wisata jembatan cinta dan Kawasan hutan mangrove rombongan kemudian melanjutkan perjalanan kearah pantai yang menjadi favorit masyarakat Bangka Selatan yaitu Tanjung Kerasak. Tidak jauh perjalanan dari jembatan cinta dan kawasan hutan mangrove hanya ditempuh dengan perjalanan roda empat kurang lebih 10 menit perjalanan. Setelah sampai di pantai Tanjung Kerasak rombongan kembali menikmati pantai yang diisi dengan keindahan pulau-pulau yang ada disekitaran pantai tersebut. Pulau-pulau yang nampak begitu indah yang bisa dilihat dengan pandangan walaupun ditempuh dengan menyebrang mengunakan perahu begitu jauh tapi masih bisa dilihat keindahanya dari jarak jauh. Setelah menikmati sambil foto-foto rombongan mencoba mengelilingi sekitar pantai mengunakan boot milik penduduk sekitar mencari keindahan sambal menikmati suasana laut yang begitu tenang.

Kemudia rombongan berhenti ditengah untuk mengambil foto yang begitu indah. Setelah selesai mengelilingi seputaran pantai rombongan menikmati buah kelapa muda sambil meminumnya diberbatuan granit pantai tanjung kerasak.

Tempat yang penuh dengan berbatuan granit yang berjejer dibibir pantai turut menambah pesona pantai dan pasir putih sepanjang pantai seakan menyapa rombongan begitu tiba dikawasan pantai. Sungguh indah yang begitu nyata dilihat dan dinikmati. Terlebih adanya air laut dengan gradiasi warna kebiruan seakan mengundang rombongan untuk mandi menikmati air laut yang begitu indah dan tenang. Selain itu juga terdapat MCK yang cukup bersih sehingga kenyamanan pengunjung cukup terjamin. Gazebo, aneka jajanan yang tersedia dipantai tersebut.

Pantai Tanjung Kerasak juga menawarkan panorama yang sangat indah dengan pasirnya yang putih dan lembut. Di sekitar pantai, tumbuh hutan-hutam alam yang lebat. Pantai Tanjung Kerasak memiliki karakteristik pantai yang landai dengan gelombang yang tenang, sehingga sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga yang sedang liburan ke Toboali Bangka Selatan.

Setelah menikmati air kelapa muda rombongan langsung menikmati air laut, kali ini rombongan mandi diseputaran berbatuan dengan air dan terumbuh karang yang indah. Sambal menyebrang ke berbatuan yang tidak jauh jaraknya dari bibir pantai rombongan juga menikmati pasir bawah laut yang putih begitu indah dan batu granit yang ukuran tinggi dan sangat nikmati untuk berfoto-foto. Setelah bermain dengan air laut rombongan ikut dengan wisata lainnya yang sedang bermain Voly Pantai di bibir pantai yang dipenuhi pasir putih alami ini. Kegembiraan sangat Nampak pada wajah para penikmat wisata karena keberadaan mereka ditempat ini terasa sangat puas dalam menikmati nge-trip liburan kali ini.

Keindahan alam yang kita miliki sangat banyak dan beraneka ragam. Setiap daerah memiliki budaya yang khas dan sangat menarik maka dari itu jagalah keindahan alam ini, dengan cara mengemas dan mengelola keindahan maka panorama yang indah juga akan tercipta dengan sesungguhnya. Ini semua tugas kita bersama baik pemerintah maupun masyarakat harus memperbaiki soal pelayanan, kenyamanan, dan jaminan keamanan dalam meningkatkan serta mendorong pariwisata yang ada di negeri ini. Keindahan alam merupakan ciptaanya yang harus selalu dijaga oleh setiap manusia. Karena keindahan ini akan menjadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan dan mencari inspirasi dalam menentukan sebuah perubahan sehingga dapat melahirkan gagasan pemikiran yang baru ketika sedang menikmati panorama keindahan alam tersebut.

Pasir putih yang alami dapat mengalihkan mata untuk terpana melihatnya, berbatuan yang besar membuat badan kita untuk selalu bersandar dengan keindahan bentuknya, perpohonan hijau membuat mata semakin indah warnanya, serta air yang begitu tenang nan jernih mengalihkan perhatian agar pemikiran selalu ingin memandangnya. Itulah keindahan ciptaanya.

Related Search

Rate this article!
Mendorong Pariwisata 2019,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: