banner 728x90

Menkop dan UKM Siapkan Pendamping UKM

banner 468x60
DSC_3459

Deputi Bidang Rekstrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati bersama Bupati Belitung singgah di stand Diskopernaker Kabupaten Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Gedung PLUT KUMKM Belitung yang baru selesai dibangun sekitar enam bulan lalu harus dijadikan sebagai sarana pusat pelayanan terpadu untuk pelaku UKM se-Kabupaten Belitung. Gedung yang dibuat dengan menggunakan anggaran APBN itu terletak di Jalan Bambang Utoyo, Kecamatan Tanjungpandan.

banner 300x250

Deputi Bidang Rekstrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan, Gedung PLUT KUMKM terpadu adalah salah satu pusat pelayanan. Sebab, UKM itukan sentranya menyebar di beberapa wilayah kecamatan.

“Di gedung tersebut nantinya akan kita siapkan konsultan pendamping untuk mendampingi UKM,” kata Deputi Bidang Rekstrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati usai peresmian Gedung PLUT KUMKM kepada Belitong Ekspres, Kamis (27/7) kemarin lalu.

Yuana melanjutkan, konsultan pendamping dari tenaga professional nanti akan ditugaskan sebanyak lima orang sesuai bidang masing-masing. Yakni bidang SDM, bidang kelembagaan, bidang pemasaran, bidang pembiayaan dan bidang pengembangan produk.

“Karena permasalahan UMKM itu tidak hanya soal pasar saja. Kadang-kadang produk bagus, order sudah datang. Bagaimna mau bikin produk lagi, sedangkan modalnya tidak ada. Jadi di situ lah bank berperan. Atau bisa pula melalui Program UPK melalui CSR dana bergulir perusahaan,” ujarnya.

Ditambahkan Yuana untuk promosi memang harus dikembangkan galeri. Bisa pula melalui teknologi IT, apalagi sekarang internet sudah sedemikian membooming. Maka, Tidak boleh tidak sinergi dengan Telkom untuk Kampung UKM Digital.

“Sehingga mereka bisa promosi melalui layanan online di website www.blanja.com. Market resmi BUMN. Mentornya tadi sudah kami datangkan dari Jakarta. Apalagi Belitung mempunyai produk-produk yang keren (berkualitas,red),” tandasnya. (is1)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: