banner 728x90

Miliki 122 Anak Didik, Wandi Butuhkan Asisten

Pelatih kepala SSB Bintar Manggar, Suwandi dan anak didiknya.

belitongekspres.co.id, Pembinaan untuk mencari bibit pemain menjadi lebih profesional dan membesarkan pemain adalah tujuan utama dari berdirinya Sekolah Sepakbola (SSB) yang didirikan Suwandi sejak tahun 2011 silam.

Kini SSB yang menamakan Bintar (Bina Taruna) yang bermarkas Lapangan Taruna Manggar jalan Polsek Manggar Desa Lalang Kecamatan Manggar, tetap eksis berjalan sesuai dengan tujuan utama sang Pelatih.

Karena itu Belitong Ekspres berusaha melihat dari dekat apa yang sudah dilakukan SSB Bintar yang sudah memiliki Akte Notaris (2014) dan terdaftar di Askab PSSI Beltim ini.

Sosok Suwandi memiliki tubuh tinggi dan tegap sedang berteriak memberikan instruksi kepada para anak didiknya di lapangan Bina Taruna Manggar belum lama ini. Wandi sapaan akrab sang pelatih kepala mengaku sejak dirinya membuka SSB ini hingga sekarang masih tetap eksis, tak lain untuk memberikan dasar kepelatihan dan membesarkan nama baik anak didiknya yang kini berjumlah kurang lebih 122 orang.

122 orang anak didik mungkinkah mampu seorang Wandi memberikan pelatihan yang maksimal. Memang diakui Wandi semua tidak tidak lah semudah membalikan telapak tangan. Karena itu diakui Wandi dirinya juga masih membutuhkan banyak asisiten yang bersama dirinya memberikan instruksi kepada anak didiknya dilapangan, dengan tujuan, visi dan misi yang sama.

“Dulu sempat dibantu beberapa rekan yang turut memberikan arahan dan instruksi kepada pemain namun dengan berjalannya waktu semua itu pun pergi dengan alasan tidak sanggup. Sejak awal dibukanya SSB Kami mendapatkan pemain/anak didik sebanyak 9 pemain dan satu bulan berikutnya kembali kami menerima 40 pemain, dan hingga saat ini pun Kami memiliki anak didik sebanyak 122 orang yang terdaftar. Untuk itu tentunya kami masih butuh Asisten untuk membantu,” ungkap Wandi yang selama ini menjabat sebagai Ajudan Sekda Kabupaten Beltim.

Wandi yang juga merupakan mantan pemain Beltim, menyebutkan awal dirinya membuka SSB ini hanya karena kepedulian terhadap sepakbola, terutama pembinaan usia muda.

Sebab pembinaan usia tersebut adalah dasar untuk menjadi pemain berkarakter nantinya. Jadi selain untuk melakukan pembinaan dengan tujuan utama, dan membentuk pemain yang profesional juga untuk mengurangi kenakalan anak anak muda yang diakaui sudah banyak kearah yang negatif terhadap lingkungan yang salah.

Dikatakan Wandi meski demikian dirinya juga ada dibantu oleh beberapa anak didik angkatan pertama yang senantiasa membantu, Tapi jika memnag ada pelatih lain yang mau bergabung dengan tujuan yang sama. Dengan senang hati Wandi mengajak dengan lapang dada.

“Intinya kami terbuka bagi siapa pun yang memilki minat untuk membantu melatih atau mau belajar melatih, Apa lagi memiliki ilmu kepelatihan. Karena setinggi tingginya ilmu jika tidak digunakan dan dikembangkan pastinya tidak ada gunanya sebuah Ijazah dan Sertifikat. Saat ini Saya memang terkesan “One Man One Show” karena boleh dikatakan saya lah Ketuanya, saya lah pelatihnya, saya lah ,managerrnya, bahkan hingga perlengkapan dan mencuci rompi usai latihan dan ini dilakukan dari tahun ke tahun,” aku Wandi, sembari mengatakan bukannya untuk mendominasi, akan tetapi memang masih membutuhkan orang yang siap dan ikhlas merelakan waktunya untuk berjam jam berada di lapangan dengan tanpa gaji.

Namun demikian, Wandi akui sangat bangga dengan apa yang sudah dilakukannya. Sebab, sudah banyak hasil yang diraih dari awal dibukannya SSB Bintar Manggar.

Disampaikan Wandi dari kurang lebih ada 8 SSB yang ada di Kabupaten Beltim, mungkin SSB Bintar lah yang memilki anak didik terbanyak, dan mungkin se Pulau Belitung.

Bahkan pada even Liga Danone beberapa waktu lalu di (Kabupaten Belitung) SSB Bintar lah yang paling banyak mengirimkan tim, dan pada waktu itu mereka mengirmkan hingga 6 tim, dan satu tim ada kurang lebih 12 pemain.

Wandi memilki 122 orang anak didik yang tergabung dari beberapa Kategori, mulai dari kelahiran 2008-2009, Kelahiran 2006-2007, kelahiran 2004-2005 dan Kelahiran 2002-2003. Jadi dari 122 anak didik kini bisa berbanding 1:30 Siswa yang akan diajarkan oleh setiap Asisten dan pelatih untuk memberikan arahan kepada anak didik tersebut.

SSB Bintar juga dalam upaya melihat kemampuan permaianan anak didiknya, sering mengikuti sejumlah turnamen dan even kompetisi untuk anak usia dini. Dari hasil itu ternyata tidak sia sia, karena mereka juga mampu mendapatkan prestasi yang baik.

Diantaranya menjadi Juara 3 Turnamen Burung Mandi Cup 2013, Juara 3 Liga Danone (Babel) U-12 tahun 2015, Juara 2 Turnamen MPC Cup (Beltim) U-12 tahun 2017, Juara 2 Liga Sepakbola pelajar (Babel) U-12 tahun 2017. Dan prestasi prestasi lainnya.

Selain untuk menghasilkan bibit pemain buat daerah khususnya Kabupaten Beltim, untuk angkatan pertama SSB Bintar ini juga akan memperkuat tim PS.Beltim di ajang Suratin 2017 yang segera akan melangkah ke nasional mewakili Provinsi Babel, serta memperkuat tim PS.Beltim diajang Porprov V 2018 (Babel) yang akan digelar di Bangka Tengah, September 2018 mendatang. (feb)

Related Search

Tags:
author

Author: