banner 728x90

Muatan Kewilayahan SMK Menuju Peningkatan Pariwisata Daerah

Logo Let's Go Belitung

Logo Let’s Go Belitung

Oleh : Joni Isbandi, S.Pd Jas
Guru PJOK SMKN 2 Tanjungpandan

Tagline Lets Go Belitung dalam beberapa bulan terakhir selalu muncul di setiap agenda dan kegiatan pemerintah Kabupaten Belitung. Pada akhir Januari lalu pemerintah melaunching slogan atau tagline baru pariwisata Belitung tersebut. Diresmikan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya menandakan keseriusan pemerintah daerah untuk “berlari cepat” dalam peningkatan potensi pariwisata daerah. Selain Tagline, ciri khas gerakan tangan seperti menirukan gerakan pesawat sedang take off juga dimunculkan untuk memberi kesan ke khalayak ramai bahwa Pemerintah Daerah siap melesat bergerak cepat untuk meningkatkan pertumbuhan di segala aspek salah satunya pariwisata. Konsep ini dimunculkan untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa memang program ini sudah dipersiapkan dengan matang untuk membantu percepatan peningkatan potensi pariwisata lokal daerah.

Potensi destinasi wisata dan juga potensi pendukungan lainnya baik kesenian, permainan/ olahraga tradisionalnya, serta kuliner tradisional merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi demi menjadikan Kabupaten Belitung sebagai salah satu daerah yang wajib dikunjungi wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Selain itu promosi lewat media massa, media sosial serta media visual juga gencar dilakukan untuk mengenalkan potensi yang ada di pulau ini. Peran aktif pelaku wisata yang ada di pulau ini juga menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Karena dengan banyak bermunculan usaha tour travel wisata maka otomatis promosi lewat perjalanan wisata ini semakin dikenal wisatawan ke seluruh negeri.

Dari dunia Pendidikan pemerintah pusat tidak tinggal diam dalam mendukung potensi pariwisata nasional maupun daerah. Dengan didirikannya sekolah kejuruan yang fokus pada pengembangan potensi pariwisata diharapkan akan menjadikan program yang dimunculkan bisa bersinergis dengan dunia pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sekolah menengah yang Sumber daya Manusianya (SDM) dipersiapkan untuk siap di dunia kerja merupakan salah satu elemen pendukung potensi pariwisata daerah, yaitu dengan di dirikannya SMK Khusus bidang pariwisata. adanya jurusan seperti Usaha Perjalanan Wisata (UPW) serta tata boga menjadi bukti keseriusan yang dibangun pemerintah. Tidak cukup sampai disitu, pemerintah Pusat lewat Kementerian Pendidikan menerbitkan Peraturan Menteri berupa Permendikbud No. 79 tahun 2014 yang tertuang lewat Muatan Kewilayahan terutama tentang materi muatan lokal potensi daerah yang tertuang dalam pasal 2. muatan lokal merupakan kajian atau mata pelajaran pada Satuan Pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan di daerah tempat tinggalnya. Muatan lokal sebagaimana dimaksudkan pada ayat (1) diajarkan dengan tujuan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengenal dan mencintai lingkungan alam, sosial, budaya dan spiritual di daerahnya.

Muatan Kewilayahan yang tertuang dalam muatan lokal menjadikan potensi daerah baik melalui Mata Pelajaran Seni budaya, prakarya, bahkan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) diharapkan ikut berperan penting. PJOK yang biasa disebut Pelajaran Olahraga juga memasukkan unsur potensi daerah serta kearifan lokal dalam bentuk permainan dan olahraga tradisional dalam struktur kurikulumnya. Keharusan memberikan materi permainan/ olahraga tradisional kepada Peserta didik menjadikan jembatan dalam mengenalkan kembali kekayaan khasanah budaya daerahnya yang makin hari mulai ditinggalkan masyarakatnya. Adapun dalam perkembangannya beberapa permainan/ olahraga tradisional yang sudah digali dan dirumuskan oleh guru dan juga ahli sejarah yang merupakan penggalian sejarah masa lalu dan juga disempurnakan di jaman sekarang sehingga menjadi menarik tanpa meninggalkan unsur keasliannya. Seperti permainan/ olahraga yang sudah dikenal Beripat Beregong, Nutok Besintok, Nyelanak, Bula cibok, Tarik Upe Pinang, Dam Urang serta masih banyak lagi yang tertuang dalam Mata Pelajaran PJOK.

Harapan dengan munculnya materi Muatan Kewilayahan ini menjadikan permainan/ Olahraga tradisional merupakan bagian penting bagi perkembangan paket pariwisata yang sudah dicanangkan pemerintah pusat secara umum dan pemerintah daerah secara khusus. Dengan kelengkapan potensi daerah baik destinasi, seni budaya, permainan, serta kulinernya membuat percepatan perkembangan pariwisata yang dicanangkan pemerintah lewat menteri pariwisata bisa terlaksana. Karena bangsa yang berbudaya itu adalah bangsa yang menjaga kelestarian budayanya. Tantangannya bukan hanya pada gencarnya Tagline Lets Go Belitung saja, tapi bagaimana kreativitas pelakunya serta bagaimana sinergisitas pemerintah dengan pelaku pariwisata yang terjun langsung dilapangan. Jangan hanya nantinya sebatas slogan semata. Saatnya mengucapkan Lets Go Belitung..

Related Search

Tags:
author

Author: