banner 728x90

Mudik lebaran, Dishub Babel Siapkan 20 Kapal Roro

banner 468x60

*Pelabuhan Tanjungpandan 4 Kapal Roro

kapal-roro

Ilustrasi Kapal. Foto dok JPNN.com

Dalam upaya mengatasi meningkatnya volume kendaraan saat mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan 20 Kapal roro di enam Pelabuhan di Babel. Pasalnya, secara nasional memang sudah diprediksi arus mudik melalui jasa angkutasan laut akan meningkat.

banner 300x250

Kepala Dishub Provinsi Babel, Sarjulianto mengatakan Babel sendiri peningkatannya di perkirakan mencapai 3 persen.  “Secara nasional memang di prediksi mudik dengan jasa angkutan laut meningkat, nah untuk Babelnya kita prediksikan meningkat 3 persen. Kita sudah siap, jumlah kapal roro kita yang tersebar di beberapa pelabuhan ada sekitar 20 unit, belum lagi kapal cepat,” ujar Sarju kepada wartawan, Rabu (14/6).

Ke-20 kapal roro itu, menurutnya tersebar di pelabuhan Tanjung Kalian Muntok 6 kapal roro, pelabuhan Pangkalbalam 6 Kapal Roro, Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu 2 Kapal Roro dan 1 Pelni, Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung 4 kapal roro dan pelabuhan sadai 2 kapal roro. “Untuk Kapal Roro ada 20, Kapal Pelni 1 dan kapal cepat ke Palembang dan Belitung 2. Kalau dijumlah ada 23 kapal yang sudah disiapkan termasuk penambahan, untuk cadangan ada 1 kapal,” ungkapnya.

Untuk kendaraan atau truk-truk kebutuhan pokok, sesuai kesepakatan akan diprioritaskan terlebih dahulu naik ke atas kapal roro, hal ini salah satu cara untuk menjaga stabilitas harga.

Lanjutnya, untuk angkutan darat Dishub telah menyiapkan bus Damri sebanyak 28 unit untuk melayani 12 tujuan.  “Jumlah Damri kita untuk arus mudik lebaran 24 bus, di tambah 4 cadangan jadi 28, semuanya melayani 12 tempat tujuan,” katanya.

Sementara, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menuturkan meningkatnya mudik tahun ini harus disyukuri, bisa jadi pertanda ekonomi yang baik dan bagus. “Harus kita syukuri, kalau mudik tahun ini meningkat. Inikan berarti ekonomi kita bagus, jadi banyak yang pulang kendati naik kapal laut,” kata Erzaldi.

Disinggung mengenai mudik gratis bagi pelajar dan mahasiswa asal Babel yang berada diperantauan, Erzaldi menjelaskan mudik gratis tahun ini tanpa ada persiapan sehingga ditiadakan. Namun dia mengimbau agar tahun depan mudik gratis ini dipersiapkan dengan baik.  “Mengenai mudik gratis, untuk tahun ini kita tidak ada, karena persiapanya kurang matang. Ya mudah-mudahan tahun depan kalau memang semua sudah dipersiapkan dengan baik, akan kita laksanakan. Intinya saya mau semua siap, jangan sampai ada kapal perangnya ternyata tidak ada orangnya,” tegas Erzaldi. (Fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: