banner 728x90

Mudik Lebaran, XL Axiata Jamin Jaringan Bebas Macet

Ibadah puasa bagi umat Muslim sudah hampir mendekati batas akhir. Momen seperti ini biasa dilakukan masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Musim mudik Lebaran ini pun bukan hanya jalanan yang padat, namun trafik penggunaan jaringan juga demikian.

Mengantisipasi melonjaknya trafik, XL Axiata telah memberi jaminan. Provider telekomunikasi ini menjamin bahwa selama Ramadan hingga masa mudik lebaran jaringan telekomunkasi XL dipastikan bebas macet.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengungkapkan, menyambut Lebaran tahun ini pihaknya menyajikan tiga hal dalam layanan akses digital. “Ini sesuai misi kami, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman,” ungkapnya di acara jumpa pers di Jakarta, Senin (4/6).

Menurut dia, hal tersebut sekaligus merupakan bagian dari rencana besar pembangunan jaringan data yang telah berjalan selama ini. “Jaringan 3G dan 4G XL Axiata semakin luas dengan penambahan 8500 BTS baru sebelum Lebaran 2018,’ katanya.

Yessie menambahkan, khusus untuk layanan 4G LTE, XL Axiata sudah menyediakan layanan ini di semua kota maupun kabupaten di Jawa dan sebagian besar di Sumatera serta Kalimantan.

Selain itu, menurutnya, XL Axiata telah menerapkan sejumlah teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas layanan data. Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G. Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota.

Dengan begitu, Yessie menyebut bahwa tak begitu sulit untuk memperkuat jaringan di sepanjang jalur utama transportasi darat di pulau-pulau besar tersebut. “Di Jawa, jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, termasuk di sepanjang jalur kereta api, hampir semuanya telah terselimuti layanan 4G LTE,” teangnya.

“Bahkan, untuk mendukung mudik tahun ini, XL Axiata pun telah menyiapkan jaringan internet cepat tersebut di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta hingga Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru,” sambung Yessie.

Hasilnya, Yessie mengklaim, lebih dari 97 persen area sepanjang tol Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. “Untuk jalur utama nontol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang ter-cover 4G LTE mencapai lebih dari 95 persen, dan jalur nontol Pantai Selatan mencapai sekitar 90 persen. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5% terselimuti 4G LTE,” papar Yessie.

Kemudian untuk memperkuat kualitas jaringan di berbagai lokasi karena bertambahnya jumlah pengguna dan trafik di suatu area, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS. Area yang rawan terjadi lonjakan trafik termasuk di tempat-tempat pemberangkatan transportasi massal seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, serta tempat penyeberangan antarpulau dan lokasi wisata.

“Tambahan perangkat ini diharapkan akan bisa menjaga kualitas layanan kepada pelanggan yang melakukan perjalanan mudik. Untuk memastikan kualitas jaringan di jalur dan tujuan mudik serta lokasi liburan, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan secara komprehensif,” pungkas Yessie.

(ryn/JPC)

Related Search

Tags:
author

Author: