banner 728x90

MXGP Jadi Ajang  Promosi Pariwisata di Babel

PANGKALPINANG – Kejuaraan MXGP 2018 pada tanggal 29 Juni-1 Juli 2018 di GOR Sahabudin Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata Babel. Diperkirakan, setidaknya tiga ribu warga asing akan hadir di Babel untuk berpartisipasi dalam perhelatan dunia tersebut.
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman kepada wartawan mengungkapkan bahwa dirinya tidak hanya melihat peluang peningkatan ekonomi bagi UMKM di lokasi kegiatan saja. Namun, pada saat acara tersebut, UMKM yang tersebar di Babel harus mempersiapkan diri dengan kemungkinan kunjungan warga dunia ke penjuru Babel.
“UMKM-UMKM yang kita bawa masuk ke dalam itu memang pilihan. Tetapi yang kita harapakan adalah efek dari pada kunjungan mereka, bukan di GOR itu, tapi bagaimana UMKM keseluruhan. Mereka berkunjung ke Belitung, berkunjung ke Mentok, berkunjung ke Sungailiat dan membeli sesuatu,” (20/6) kemarin.
Maka dari itu, dia berharap peran serta media untuk gencar mensosialisasikan destinasi wisata yang ada di Babel sebagai wadah informasi bagi warga dunia yang hadir di acara MXGP.
“Ini sudah kita lakukan sosialisasi sudah lama, jadi terpulang kepada yang punya hotel, terpulang kepada yang punya UMKM, namun demikian kita tetap crosscheck. Ini tidak terlepas dari peran serta media menyampaikan mana lokasi bagus yang patut dikunjungi,” kata Erzaldi.
Terkait persiapannya sendiri, Erzaldi mengaku bahwa semua berjalan dengan lancar. Apalagi, diketahui sebanyak 1.5000 tiket sudah terjual.
“Cek terakhir lapangan, saya mendengar laporan lancar semua, besok (21/6) kita rapat lagi jam sembilan di Polda biar semua betul-betul siap. InsyaAllah tidak ada kendala lapangan, mudah-mudahan cuaca bagus,” harap Erzaldi.
Sementara itu, Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri menyatakan sebanyak 1.000 personil sudah disiapkan dalam pengamanan MXGP 2018 di Pangkalpinang ini. Penugasan mereka akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dengan gabungan bersama TNI, Sat Pol PP dan pengamanan internal dari pihak EO. Pengamanan akan semakin diperketat termasuk di hotel tempat para pengunjung menginap.
“Kita berkoordinasi dengan fungsi terkait antisipasi hal-hal tersebut baik soal imigrasi, keamanan, kelancaran pelaksanaannya, termasuk ini kita siapkan untuk ajang promosinya. Pak gubernur mengundang drumband akpol untuk sosialisasi bahwa ada ajang MXGP dan Asian Games di tempat kita dan potensi wisata di wilayah Babel,” ujar Kapolda.
Dia pun berpesan kepada masyarakat lokal yang hendak menonton MXGP harus tertib aturan hukum. Karena, wajah Babel juga akan dikenal lewat MXGP. “Jadi penonton yang bijak, silahkan membeli tiket yang sesuai dengan kapasitas yang ada, nonton yang enak, silahkan tidak membawa barang-barang berbahaya,” pesan Kapolda. (aka)

Related Search

Tags:
author

Author: