banner 728x90

Naik Status Menjadi Type C,RSUD Bateng Terima Pasien Rujukan

banner 468x60

KOBA-Masyarakat Kabupaten Bangka-Tengah (Bateng) kini tak perlu repot-repot untuk berobat dan dirujuk jauh-jauh. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bateng yang sebelum bertype D kini naik tingkat bertype C.
Penetapan tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.03/I/3366/2014 tentang penetapan Kelas RSUD Bangka-Tengah. Dengan demikian, RSUD Bateng dapat menjadi rujukan bagi rumah sakit yang masih bertype D. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bateng, dr. H. Bahrun Siregar Sutrisno mengakui, naiknya type RSUD Bateng tersebut semenjak diterimanya surat dari Kementerian Keseharan RI tertanggal 23 Oktober 2014. “Jadi dengan naiknya kelas RSUD Bateng ini menjadi C, tentunya dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Bangka-Tengah. Selain itu, tentunya diharapkan dapat meningkat pula kualitas pelayanan rumah sakit yang diberikan,”ujar dr. Bahrun Jum’at (19/12).
Adapun hal-hal yang menjadi dasar peningkatan kelas ini, diungkapkan Bahrun karena RSUD Bateng dinilai sudah memenuhi persyaratan kelas C, seperti jumlah ketersediaan tempat tidur, memenuhi empat spesialis dasar yakni spesialis anak, penyakit dalam, bedah dan kandungan. Kemudian pelayanan anastesi, pelayanan mata dan pelayanan gigi. “Karena RSUD Bateng sudah memenuhi kriteria-kriteria untuk menjadi rumah sakit Kelas C, sesuai dengan Permenkes RI Nomor 340/Menkes/III/2010 tentang klasifikasi rumah sakit. Maka, masyarakat Bateng pun patut bersyukur dan tak perlu repot-repot berobat atau dirujuk ke luar daerah lagi,”imbuhnya.
Dengan peningkatan RSUD Bateng menjadi Kelas C ini, menurut Bahrun menandakan RSUD Bateng kini sudah bisa menjadi rujukan bagi rumah sakit yang memiliki Kelas D. “Maka dari itu, selama belum ada type B di Babel ini, RSUD kita bisa menjadi rujukan. Sekarang ini rumah sakit pemerintah yang memiliki Kelas C di Babel, yakni RSUD Bateng, RSDH Pangkalpinang, RSUD Sejiran Setason dan RSUD Sungailiat,”terangnya.
Diungkapkan Bahrun, peresmian peningkatan Kelas C RSUD Bateng ini akan dilakukan langsung oleh Bupati Erzaldi Rosman dalam waktu dekat ini. Bersamaan dengan persemian tersebut, nantinya juga akan digelar kegiatan seminar tentang pelayanan optimal rumah sakit. “Selain peresmian dan seminar, pada moment tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan 5 unit mobil ambulance dari Kemenkes RI dan 5 unit kursi roda dari Bank Muamalat,”tutupnya.(and)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: