banner 728x90

Oknum PNS Narkoba Dijerat Pasal Berlapis

Ketiga tersangka kasus penyalahgunaan narkoba, salah satunya oknum PNS Lapas saat dilakukan pemeriksaan di ruang Satnarkoba Polres Belitung.

*Berkas Tahap I Dilimpahkan ke Kejaksaan

TANJUNGPANDAN – Berkas tahap satu kasus penyalahgunaan narkoba yang melibatkan oknum PNS Lapas Kelas IIB Cerucuk berinisial SS dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Belitung, Kamis (21/9) kemarin

Berbarengan dengan itu, Polres Belitung juga melimpahkan dua berkas tersangka lainnya, yakni MH alias Mantul dan PY alias Akuet. Oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) penelitian berkas tersebut akan dilakukan selama 14 hari ke depan.

Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, ketiga tersangka sudah diamankan pihak kepolisian hampir satu bulan, yaitu pada Sabtu, (25/8) lalu. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan dan barang bukti disita polisi.

“Mereka dijerat dengan pasal yang berbeda. Untuk MH polisi mengenakan Pasal 112 dan 127 Undang-undang Tentang Narkotika. Sedangkan SS dan PY dikenakan Pasal 114 Undang-undang Tentang Narkotika,” jelas AKBP Yudhis kepada Belitong Ekspres.

Untuk oknum PNS Lapas penjaga tahanan yang terlibat, pihak kepolisian menjeratnya dengan pasal berlapis. Sebab, selain menyalahgunakan narkoba, dia memiliki senjata api rakitan jenis pistol dan sejumlah peluru tajam.

“Selain itu, kita juga kenakan Undang-undang Darurat tentang kepemilikan senjata api. Untuk pistol, sementara kita lakukan pemeriksaan di laboratorium yang ada di Mabes Polri,” jelas Kapolres.

Model pistol tersebut masih belum diketahui. Apakah sama dengan milik TNI Polri, atau pistol biasa. “Untuk berkas tahap satu, semuanya sudah kita kirim ke Kejaksaan Negeri Belitung,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Belitung Afridel mengatakan, pihaknya sudah menerima berkas tahap satu ketiga tersangka kasus penyalahgunaan narkoba di Negeri Laskar Pelangi tersebut.

“Benar, tahap satu sudah dikirim. Kita akan lakukan penelitian. Kalau tidak ada kekurangan, selama 14 hari ke depan, kami sudah menentukan sikap untuk segera menyerahkan tersangka dan barang bukti. Setelah itu disidangkan,” ujar Afridel.

Sebelumnya, Jajaran Satnarkoba Polres Belitung, menangkap tiga pelaku kasus penyalahgunaan narkoba di Tanjungpandan, Belitung Sabtu (25/8) lalu. Mereka diamankan di tempat berbeda.
Awalnya sebelum kasus ini terungkap, ternyata diawali dengan kasus perjudian.

Pada saat itu, pria berinisial HM beserta rekan-rekannya, dua di antaranya wanita sedang asyik berjudi. Namun, waktu digerebek polisi melihat HM agak oleng. Hal itu disebabkan diduga dia memakai atau mengkonsumsi sabu-sabu sebelum berjudi. Melihat hal tersebut, pihak kepolisian langsung menggeladah badannya.

Dari hasil penggeledahan itu, tidak ditemukan narkoba. Hingga akhirnya, Jajaran Satreskrim dan Satnarkoba Polres Belitung melakukan pemeriksaan di kediamannya Jalan Sijuk, Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan.

Hasilnya, polisi menemukan seperti bong yang didalamnya masih ada sisa narkoba. Setelah itu dilakukan pengembangan, MH mendapatkan barang tersebut dari PY. Dan PY mendapatkannya barang itu dari PNS Lapas Kelas IIB Cerucuk berinisial SS. (kin)

Related Search

Tags:
author

Author: