banner 728x90

Ombudsman Beri Penghargaan 3 Kantor BPN di Babel

banner 468x60

*Belitung dan Beltim Tahun ini Rencana Observasi

TANJUNGPANDAN – Tiga Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Provinsi Bangka Belitung mendapat penghargaan dari Ombudsman Perwakilan wilayah Bangka Belitung. Tiga Kantor BPN tersebut, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, dan Kota Pangkal Pinang.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung Jumli Jumaluddin mengatakan, tiga kabupaten tersebut dijadikan sampel observasi Ombudsman tahun lalu. Sebetulnya, ada sekitar 109 kantor BPN dijadikan sebagai sampel seluruh Indonesia. Lantas, ada 36 BPN yang memperoleh zona hijau dan dua BPN tersebut  dari Babel.
“Masuk zona hijau, atau kepatuhannya tinggi. Tiga ini yang kita jadikan sampel yang dijadikan onservasi Ombudsman terhadap kepatuhannya Undang-undang nomor 2005 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” kata Jumli Jamaluddin usai memberi penghargaan di Grand Hatiko Hotel, Kamis (31/3) kemarin.Bagi kabupaten lainnya, direncanakan tahun ini dilakukan observasi. Observasi ini dilakukan untuk melihat sejauh mana standar pelayanan yang diterapkan BPN. “Tapi kami masih menunggu instruksi dari pusat, nanti yang mana yang akan menjadi sampel. Mungkin tidak seluruhnya juga, mungkin dua saja. Yang lain tahun berikutnya,” kata dia.Pemilihan Bateng, Bangka, dan Pangkal Pinang karena  sesuai intruksi dari pusat observasi pertama diambil dari yang terdekat dari kantor Ombudsman.
Ia menambahkan, penilaiannya dari beberapa indikatornya. Misalnya mekanisme dan alur, jangka waktu layanan, biaya/tarif, produk layanan, sarana dan prasarana, jaminan pelayanan, evaluasi kinerja, maklumat pelayanan, informasi pelayanan publik, pelayanan khusus, pengelolaan pengaduan, dan atribut.
“Misalnya apakah dia punya moto, punya maklumat layanan, punya dasar hukum, atau mungkin peraturan Kakanwilnya,” kata dia.Terkait BPN Kabupaten Belitung dan Belitung Timur yang tidak termasuk dalam observasi, ia menyangkal, dua kabupaten itu tidak masuk zona hijau. Dua kabupaten di pulau Belitung belum dilakukan penilaian.”Kabupaten Belitung belum melakukan penilaiannya. Maka direncanakan untuk Belitung, Beltim, Basel, Basel tahun ini,” kata dia.Kakanwil BPN Wilayah Babel Yusuf Purnama mengatakan observasi dan penghargaan dari Ombudsman memberi motivasi untuk melakukan pelayanan publik yang lebih baik. Meski begitu, ternyata dibeberapa kabupaten di Babel, ada BPN yang tidak punya kantor. Yaitu Belitung Timur, Bangka Barat, dan Bangka Selatan. “Hanya saja tentu kami masih punya kantor yang sewa, itu terkait infrastruktur. Padahal standar Ombudsman itu berpengaruh,” pungkasnya. (ade)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: