banner 728x90

Pagelaran Seni Budaya untuk Sukseskan Pemilu

Kisah Dul Mulok, saat ditampilkan dalam acara pagelaran seni yang dilaksanakan KPU Belitung di Gedung Nasional, Sabtu malam (21/4).

Ada banyak cara untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2018 – 2019. Salah salah satunya menggelar pagelaran seni dan budaya. Hal itu dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Sabtu malam (21/4).

Mereka membuat event di Gedung Nasional (Genas), dengan menampilkan budaya kearifan lokal. Seperti sejumlah tari tradisional Belitung, yakni Tari Matayara dan Tenun Songket, serta kesenian Dul Mulok.

Acara yang bertema “melalui pagelaran seni budaya membangun pemilih berdaulat guna menyukseskan pemilu serentak 2019” mampu menghadirkan ratusan penonton. Bahkan sejumlah pejabat di Kabupaten Belitung turut hadir.

Seperti Wakapolres Belitung Kompol Susanto, Asisten Bupati Kabupaten Belitung Mirang Uganda, Ketua Kesbangpol Kabupaten Belitung Ahyat dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Soni Kurniawan.

“Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Apalagi, dalam tema acara ini menampilkan, budaya kesenian tradisional khas Belitung,” ujar Asisten Bupati Belitung Mirang Uganda, kepada Belitong Ekspres, usai acara.

Mirang meminta kepada masyarakat agar berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada saat pencoblosan Juni 2018 mendatang. Serta mensukseskan pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan mengatakan, acara ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Bahkan, hampir dangan tema yang sama yakni pagelaran seni dan budaya.

Dia berharap, melalui pagelaran seni dan budaya ini, mampu menyatukan semua lintas sektoral dan agama. Tujuannya, untuk mensuksekan pemilu yang akan datang. Seperti Pilbup, Pileg dan Pilpres.

“Untuk Pilbup, sudah di depan mata. Yakni sekitar kurang 60 hari lagi. Jadi segala persiapan akan dilakukan,” ujar Soni, usai acara pagelaran seni dan budaya di Gedung Nasional (Genas) Pekan Lalu.
Dalam pemilu 2018 ini, KPU Kabupaten Belitung menargetkan 80 persen masyarakat Negeri Laskar Pelangi menggunakan hak pilihnya. “Ayo kita sukseskan pemilu, dengan mendatangi TPS-TPS yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Sementara di Kabupaten Beltim, Pagelaran yang bertajuk “Melalui pagelaran seni budaya membangun pemilih berdaulat guna mensuskseskan pemilu serentak tahun 2019” digelar di Pantai Nyiur Melambai, Manggar, Sabtu (21/4). Hadir Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Ketua KPU Beltim Pirmawan, Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro, S.Ik dan jajaran komisioner KPU serta para pimpinan partai politik.

Ketua KPU Beltim Pirmawan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pemungutan suara yang dilaksanakan 17 April 2019. Dimana pada pemilu mendatang pemilih yang memiliki hak suara akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi Kabupaten/Kota.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan pesta demokrasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu pada 17 April 2019,” kata Pirmawan.

Wakil Bupati Beltim Burhanudin menyatakan harapannya agar tahapan pemilu bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar. “Saya menghimbau agar kita semua membangun koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder agar tercipta stabilitas politik, situasi keamanan dan ketertiban umum yang tetap kondusif. Mari kita jaga daerah kita,” kata Wabup.

Wabup juga meminta agar penyebaran informasi untuk pelaksanaan pemilu 2019 dapat maksimal dan tidak terjadi penurunan partisipasi pemilih. “Harapan saya angka partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS untuk memberikan hak suara itu tinggi,” kata Wabup.

Pagelaran seni budaya Belitong dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seni budaya seperti beripat, vokal grup anak-anak, ngelasak termasuk menghadirkan salah satu artis KDI. KPU juga membagikan doordprice bagi pengunjung yang beruntung. Pagelaran seni budaya Belitong yang dilaksanakan malam minggu itu mendapat antusias dari warga masyarakat yang hadir di Pantai Nyiur Melambai. (kin/rel)

Related Search

Tags:
author

Author: