banner 728x90

Pasokan Sapi Berkurang

*Menyusul Adanya Pasokan Daging Sapi Beku

MANGGAR – Pasokan sapi menjelang lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) diprediksi berkurang. Hal ini menyusul rencana Pemerintah daerah mendatangkan daging sapi beku melalui Bulog regional Palembang. Bulog sendiri ditunjuk sebagai koordinator penyedia daging sapi setelah Presiden RI Joko Widodo mengisyaratkan harga daging dikisaran Rp. 80 ribu perkilo.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Beltim, Heru Indramarta menjelaskan pasokan sapi dari Madura dan Lampung sudah mulai berdatangan. Tetapi, sapi-sapi tersebut lebih banyak dibawa ke Tanjungpandan (Belitung) sedangkan di kabupaten Beltim sepertinya akan berkurang.

“Beberapa waktu lalu sudah datang satu kapal (120 ekor) semua dibawa ke Tanjungpandan. Berdasarkan informasi dari pedagang, pertengahan puasa akan datang lagi sekitar 2 kapal,” ungkap Heru saat dihubungi, Jum’at (10/6) kemarin.

Heru tidak sepenuhnya membantah saat dikonfirmasi mengenai pengurangan pasokan sapi di wilayah Beltim. Hanya saja menurut dia, rencana mendatangkan daging sapi melalui Bulog membuat pedagang pikir-pikir mendatangkan sapi.

“Sapi-sapi itu memang naik dari pelabuhan kita (Manggar) kemudian dibawa ke Tanjungpandan. Perkiraan sekitar 80 persen untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di Tanjungpandan,” ujar Heru.

Apalagi harga beli sapi relatif mahal sehingga tidak memungkinkan dijual dengan harga dibawah Rp. 100ribu perkilonya. Pedagang juga khawatir pemotongan sapi akan merugi jika harga jual mereka diatas harga jual daging sapi beku.

“Sebagai gambaran, satu ekor sapi yang menghasilkan 100 kilogram daging dibanderol dengan harga Rp. 15 juta/ekor,” terang Heru.

Dari ilustrasi tersebut, harga daging sapi potong diperkirakan mencapai Rp. 140 ribu – Rp. 150 ribu/kilo. Setidaknya, pedagang akan terhindar dari kerugian yang lebih besar bila dibandingkan menjual dikisaran harga Rp. 100 ribu.

Meski demikian, Heru meminta masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan daging sapi. Untuk tahun ini, daging sapi tetap akan cukup hanya saja harga yang sedikit berbeda antara daging sapi potong dengan daging sapi beku.

“Saya dengar, Disperindagkop sudah mengajukan permintaan daging sapi beku. Tapi berapa kuotanya saya kurang tahu, yang jelas daging sapi akan tetap cukup tersedia menjelang lebaran,” tutup Heru. (feb)

Related Search

Rate this article!
Pasokan Sapi Berkurang,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: