banner 728x90

Pelaku UMKM Penting Diberikan Motivasi

banner 468x60

MANGGAR – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dinilai perlu untuk diberikan motivasi. Itu disampaikan Doktor Nining Soesilo dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia saat melakukan penelitian perkembangan 385 pengusaha UMKM yang meliputi usaha Perdagangan, Pertanian, Industri dan Perikanan di Kabupaten Beltim.

Karena itu, saat menghadap Wakil Bupati Beltim, Burhanudin, Doktor Nining mengatakan, bahwa dari hasil penelitiannya itu harus terus dilakukan motivasinya oleh berbagai pihak agar usahanya terus berkembang pesat.

banner 300x250

Dari hasil penelitian yang dilakukan, upaya mengembangkan dan memperbesar usaha masih belum banyak. Sebagian besar hanya memikirkan kebutuhan dasar yakni bagaimana bisa makan, minum, punya rumah dan anak sekolah.

“Sedangkan upaya untuk mengembangkan usaha itu masuk pada prioritas ke delapan,” ungkap Nining usai melakukan pertemuan dengan Wabuo di Kantor Bupati Beltim, Selasa (20/9).

Dalam penelitian yang berkerja sama dengan Pemkab Beltim ini, juga dijumpai pengusaha perempuan masih belum maksimal dalam memikirkan pengembangan usaha, termasuk faktor identitas agama yang mempengaruhi dari usaha mikro.

Untuk itulah, lanjut Nining, pemberian motivasi kepada pengusaha UMKM di Beltim sangat penting dilakukan oleh berbagai pihak. Seperti yang dilakukan Pemkab Beltim dalam memberi pinjaman lunak kepada pengusaha lokal dan itu sangatlah bagus untuk mengembangkan usahanya.

“Kebutuhan dasar adalah sesuatu yang harus digarap. Belum adanya integrasi antara pemikiran pemenuhan kebutuhan dasar dengan kewirausahaan sehingga harus ada pemberian motivasi bagi mereka,” tandas Nining. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: