banner 728x90

Pelayanan Statistik Terpadu, Data BPS Menjadi Acuan Seluruh OPD

Foto bersama usai kegiatan FGD pembahasan data Belitung dalam angka 2018, di Ballroom Hotel Bahamas, Selasa (07/08) kemarin.

TANJUNGPANDAN – Sebanyak 60 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembahasan data Belitung dalam angka 2018, di Ballroom Hotel Bahamas, Selasa (07/08) kemarin.

Kegiatan FGD yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung, dalam rangka meningkatkan koordinasi kegiatan statistik sektoral di antara OPD terkait data publikasi Belitung dalam angka 2018.

“Sebentar lagi kita akan rilis datanya. Jadi kita klarifikasi dulu sumber data di OPD terkait, kalau tidak ada sanggahan atau ada perbaikan, baru kita publikasikan,” kata Kepala BPS Kabupaten Belitung, Azhar, kepada Belitong Ekspres, usai acara.

Menurut Azhar, data publikasi sektoral dengan intergritas tinggi sangat butuhkan dalam menjawab tantangan pembangunan Kabupaten Belitung yang berkelanjutan. Oleh karena itu, setelah selesai kegiatan FGD data publikasi OPD diharapkan bisa tampil dengan kualitas yang lebih tinggi.

“Maka dari itu, setiap OPD dalam memberikan sumber data jangan asal. Harus dicek dan konsultasi dengan instansi atasan tertinggi. Setelah rilisnya oke, baru kita publikasikan ke website bps.go.id untuk pelayanan statistik terpadu,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten Setda II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Jasagung Hariyadi mengatakan Focus Group Discussion untuk penyesuaian data konfirmasi Belitung dalam angka 2018, memang diperlukan. Pelayanan statistik terpadu harus dalam satu data.

“Paling tidak, data yang dikeluarkan BPS menjadi acuan untuk seluruh OPD di Belitung. Jangan sampai terjadi perbedaan data antara OPD lain maupun antara BPS dengan data Pemda. Sebab, dampaknya terhadap perencanaan pembangunan ke depan khusus di Kabupaten Belitung,” katanya. (mg1)

Related Search

Tags:
author

Author: