banner 728x90

Pelestarian Adat Melayu Belitung, Sanggar Seni Kabong Gelar Festival Seni

Muhammad Hatta

TANJUNGPANDAN – Sanggar Seni Kabong berencana menggelar Festival Seni Kabong 2018. Kegiatan dengan tema “Pelestarian Adat Melayu Belitung”, ini akan dilaksanakan di Gedung Nasional, Kecamatan Tanjungpandan, akhir bulan Juli mendatang.

Ketua Pelaksana, Muhamad Hatta, saat ditemui Belitong Ekspres (09/07) mengatakan Festival Seni Kabong 2018 merupakan yang pertama kalinya digelar. Rencananya kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 26-28 Juli 2018 mendatang.

Festival yang bertujuan untuk melestarikan adat budaya melayu Belitong, diisi dengan beragam kegiatan. Seperti pameran, lomba serta pertunjukan drama kolosal. “Ada pameran pelestaraian adat melayu Belitong, lomba untuk SD, SMP, SMA se Belitong, diantaranya lomba musik akustik, tari kreasi, seni kriya anyaman, fashion budaya dan lukis, serta drama kolosal hikayat keramat Pesak. Dalam acara ini kita akan mengeluarkan produk-produk dalam daerah Belitong kita sendiri,” jelas mahasiswa UNY ini.

Pria yang juga sebagai pemilik sanggar ini berharap dukungan dari pemerintah serta instansi terkait dan juga masyarakat Belitong umumnya.

“Semoga Pemerintah Kabupaten Belitung mendukung sepenuhnya upaya yang telah kita laksanakan bersama kawan-kawan serta kru panitia, berharap semoga pemerintah kita melirik, melihat potensi pemuda-pemuda Belitong sendiri,” harapnya.

Di tempat terpisah, Sekertaris Panitia, Kurnia Ramadhan menyebutkan bahwa kegiatan ini cukup positif dan bisa menambah edukasi masyarakat Belitong. “Bisa menambah kreatifitas anak dari SD sampai SMA karena di sana ada lombakan, dan juga masyarakat bisa mengetahui, melihat serta mengenal kebudayaan dan alat-alat tradisional Belitong, sehingga menjadikan hal edukatif untuk kite semue,” katanya.(mg1)

Related Search

Tags:
author

Author: