banner 728x90

Pemda Belitung Teken Mou Dengan PT Shopee Internasional Indonesia

Bupati Belitung didampingi Wakil Bupati Belitung, bersama kepala Hubungan Kepemerintahan PT Shopee International Indonesia saat melakukan penandatangan MoU.

Bupati Belitung didampingi Wakil Bupati Belitung, bersama kepala Hubungan Kepemerintahan PT Shopee International Indonesia saat melakukan penandatangan MoU.

*Terkait Tentang Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan UMKM

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung melakukan penandatangan nota kesepakatan bersama (MoU) dengan PT Shopee Internasional Indonesia. MoU terkait tentang pelatihan kewirausahaan di kabupaten Belitung. Penandatangan MOU ini dilakukan di Ruang Sidang Pemkab Belitung, Senin (08/04).

Bupati Belitung Sahani Saleh dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Belitung ia menyambut baik dilaksanakannya kegiatan penandatangan MoU dengan PT Shopee Internasional Indonesia tersebut.

“Semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua, dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah yang kita cintai di masa sekarang dan masa yang akan datang. Utamanya terkait perjanjian kerjasama dalam rangka pengembangan kewirausahaan di Kabupaten Belitung,” kata Bupati.

Bupati yang disapa Sanem ini mengungkapkan, kerjasama ini merupakan langkah dan terobosan positif yang dilakukan Pemkab Belitung, untuk membantu pemasaran produk UMKM, agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Kehadiran Shopee di tengah-tengah kita akan sangat membantu pengembangan produk-produk UMKM kabupaten Belitung dalam upaya memperluas jaringan dan pangsa pasar. Kita bisa belajar lebih dalam bagaimana agar daerah kita dapat memanfaatkan peluang yang ada sebaik-baiknya,” katanya.

Lebih lanjut Sanem mengatakan, apalagi saat ini strategi pemberdayaan UMKM diarahkan pada pembangunan kompetensi inovasi dan teknologi. Sehingga nantinya dapat lebih berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Serta, juga dapat meningkatkan posisi dan efisiensi usaha agar lebih terstruktur dan terlembaga.

“Pemerintah Kabupaten Belitung akan terus berupaya membantu UMKM, salah satunya dengan mendorong para pelaku usaha UMKM untuk go online,” ujar Bupati Belitung.

Lebih jauh ia berharap kerjasama ini akan memberikan manfaat yang lebih besar untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah. Yakni, dengan melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi digital atau online untuk mendukung kemajuan pembangunan Kabupaten Belitung kedepan.

Sementara itu kepala Hubungan Kepemerintahan PT Shopee International Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, pihaknya berkomitmen akan melakukan edukasi terhadap pelaku UMKM yang ada di Belitung untuk penjualan produk secara online.

“Kita akan sharing tentang pengetahuan, bagaimana berjualan di online. Caranya, bagaimana itu akan kita kirim tim bagaimana untuk mengajarkan UMKM lokal yang ada di Belitung ini,” kata Radityo Triatmojo.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat pihak PT Shopee Internasional Indonesia akan mengumpulkan pelaku UMKM di Belitung untuk diberikan edukasi, serta pemahaman tentang berjualan dengan cara online, hingga mereka mendapatkan order.

“Kita akan kumpulkan mereka di suatu tempat, kita akan adakan kelas sekitar 1 hingga 2 hari. Nanti dari situ akan kita cek lagi, jadi kita tidak hanya meng-onlinekan mereka. Namun kita cek lagi dalam beberapa minggu ke depan, bagaimana setelah kita datang sudah berhasilkan mengupload produk, deskripsi dan sudah ada order apakah belum,” tandasnya. (adv/dod)

Related Search

Tags:
author

Author: