banner 728x90

Pemda Jalin MoU Pasarkan Lada dengan PT Aman Jaya

Bupati Belitung Sahani Saleh memperlihatkan lada dalam kemasan kecil, usai penandatanganan MoU dengan pihak PT Aman Jaya Jaya, Jumat (12/4).

Bupati Belitung Sahani Saleh memperlihatkan lada dalam kemasan kecil, usai penandatanganan MoU dengan pihak PT Aman Jaya Jaya, Jumat (12/4).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung menjalin Memorandum of Understanding (MoU) di sektor Komoditi Lada dengan PT Aman Jaya Jumat (21/4) kemarin.

Bertempat di Ruang Rapat Pemkab Belitung Nota kesepahaman itu ditandatangani langsung oleh Bupati Belitung dan Manager Ekspor PT Aman Jaya, Bambang Soetedjo.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, pemerintah daerah sangat serius dan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Jika, dulu pemerintah mengikuti tata niaga atau market yang berlaku sekarang pemerintah daerah akan memediasikan dan mulai memberikan peran dalam tata niaga.

“Kalau dulu hanya produksi, mulai dari bibit, pupuk dan seterusnya sekarang ini di samping produksi pemerintah daerah juga memberikan peran dalam hal tata niaga,” ujar Sanem sapaan akrab Bupati kepada Belitong Ekspres usai kegiatan.

Dijelaskannya, saat sekarang para petani bisa Be to Be dengan perusahaan tentunya dengan jaminan dari pemerintah. Namun dalam hal tata niaga pemerintah hanya memediasikan dan mengawasi.

Menurut Sanem, kualitas lada Belitung baik dari segi mutu dan kualitas sangat bagus dan berkualitas. Oleh sebab itu dirinya menyarankan agar para petani mensortir lada tersebut. Yakni, memisahkan lada yang berukuran kecil dan berukuran besar termasuk juga warnanya. Sebab, hal itu bagian dari packaging.

“Kualitas lada Belitung sudah baik apalagi ditambah packaging yang baik. Tentu ini akan meningkatkan harga dan pemerintah daerah sangat berkomitmen mendorong dan meningkatkan kesejahteraan para petani,” katanya.

Sementara iti, Manager Ekspor PT Aman Jaya Bambang Soetedjo mengatakan, MoU merupakan bentuk payung hukum bagi pihaknya untuk tahap berikutnya. Yaitu, perjanjian kerja sama (PKS) dan terakhir proses order.

“Kita akan bertemu langsung dengan pengepul dan kelompok tani yang di rekomendasikan oleh pemerintah daerah. Untuk jumlah lada, berapapun panennya kami siap menampung,” ujarnya.

Dikatakanya, PT Aman Jaya sudah mengekspor lada ke berbagai negara mulai dari USA, Eropa, Jepang, dan sekarang sedang membuka pasar di Asia. Menurutnya, kualitas lada Belitung itu sangat bagus dan pihaknya sudah mengenalkan lada Belitung ke berbagai negara di dunia.

“Dengan adanya MoU ini kami bisa dengan bangga, bahwa kualitas lada Belitung sudah dijamin. Dan, kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung,” pungkasnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: