banner 728x90

Pemdes Dukong Bangun Dermaga Nelayan, Akan Jadi Lokasi kawasan Ekonomi Terpadu

Kades Dukong Zainal bersama sejumlah Perangkat Desa saat meninjau lokasi pembangunan Dermaga Nelayan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Dukong Kecamatan Tanjungpandan melakukan pembangunan Dermaga Nelayan. Program pembangunan tersebut dilaksanakan untuk memberi kenyamanan bagi para nelayan serta meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Pembangunan dermaga nelayan yang di RT 01 Dusun Satu Desa Dukong ini, rencananya akan menjadi lokasi kawasan ekonomi terpadu. Pasalnya, selain pembangunan dermaga, kawasan di sekitar lokasi akan dijadikan sebagai Destinasi Wisata Mangrove Desa Dukong.

Kades Desa Dukong Zainal kepada Belitong Ekspres Senin (14/8) kemarin mengatakan, pembangunan dermaga itu menggunakan anggaran Dana Desa Tahun 2017 sebesar Rp 395.204.000, dengan masa kerja selama 90 hari.

“Selain dermaga, juga ada pembangunan talud dan jalan dermaga yang menggunakan dana Silpa tahun 2016 dan dana desa tahun 2017 ini. Pengerjaan dengan swakelola masyarakat desa,” ujar pria yang terpilih selama tiga priode ini.

Dijelaskanya, selain pembangunan dermaga nelayan, program ke depanya akan dibangun objek wisata mangrove. “Rencana kedepanya akan kita bangun objek wisata mangrove sebagai destinasi wisata desa dalam upaya mendukung program pemerintah daerah satu desa satu destinasi wisata,” terangnya.

Ia berharap, kedepannya perekonomian masyarakat desa akan tumbuh dan memberikan efek positif bagi desa seiring pembangunan dermaga dan objek wisata mangrove di Desa Dukong.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Dukong Dodi mengatakan, sangat mendukung dengan ada pelaksanaan pembangunan tersebut.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan dermaga ini diharapkan kedepannya akan menunjang perekonomian masyarakat desa. Selain itu, juga mendukung program pemerintah daerah satu desa satu destinasi wisata.

“Jelas ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat desa kedepannya. Bahkan, adanya rencana pengembangan destinasi wisata mangrove tentu, akan membangkitkan gairah perekonomian warga Dukong,” tukasnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: