banner 728x90

Pemkot Tera Ulang Timbangan Pedagang

banner 468x60

Petugas Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, saat melakukan tera ulang timbangan pedagang.

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Pemkot Pangkalpinang melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang melakukan tera ulang timbangan milik para pedagang di Pasar Induk Kota Pangkalpinang, Senin (7/8) kemarin. Tera ulang ini, kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Ahmad Subekti bertujuan untuk mewujudkan pasar di Pangkalpinang tertib ukur.

banner 300x250

“Yang jelas tujuannya agar masyarakat atau konsumen puas. Karena kita tidak mau ada komplain dari masyarakat terhadap timbangan para pedagang yang berlaku curang,” ujar Subekti kepada Babel Pos disela-sela petugas melakukan tera ulang yang didampingi Kabid Metrologi, Erika Handoko.

Diakuinya, tera ulang yang dilakukan ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang dilakukan langsung oleh Pangkalpinang. Sebelumnya kewenangan tersebut berada di Pemerintah Provinsi Babel.
“Jadi tera ulang timbangan ini kita langsung yang ambil alih seiring berubahnya aturan, jadi mohon kerjasama pada pedagang,” imbuh Subekti.

Rencananya, dikatakan Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang ini, tera ulang ini akan dilakukan selama lima hari kedepan. Selain Pasar Pembangunan, tera ulang akan dilakukan di seluruh pasar tradisional yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Sekarang ini kan pasar tertib ukur di Pangkalpinang baru ada dua yakni pasar rumput dan pasar parit lalang. Nah, kita ingin semua pasar tertib ukur, sehingga ditahun depan kita pun bisa memberikan penghargaan untuk Pangkalpinang,” harapnya.

Sementara Kabid Metrologi Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang Erika Handoko menambahkan, rencananya tera ulang timbangan ini akan dilakukan secara rutin minimal satu kali dalam setahun. Dia berharap dengan adanya kegiatan ini, semua pengguna timbangan terutama para pedagang bisa tertib ukur.

“Dengan beralihnya kewenangan ini ke kita, kedepan kita akan berbenah menuju Pangkalpinang tertib ukur,” katanya.

Ditegaskan Erika, bagi timbangan pedagang yang rusak berat, pihaknya akan menyarankan untuk menggantinya. Namun jika hanya rusak ringan, pihaknya akan memperbaikinya melalui pihak ketiga.

“Karena kita kekurangan tenaga tekhnis. Saat ini kita hanya punya tenaga tekhnis dua orang dan itu masih sangat kurang mengingat kita punya empat pasar tradisional,” tandasnya sembari menambahkan akan menyita timbangan plastik jika masih beredar di pasaran mengingat timbangan plastik hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga saja. (pas)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: