banner 728x90

Pemprov Babel Bantu 500 Ribu Bibit Lada & 300 Ekor Sapi Juga Kapuk dan Tajar Hidup

banner 468x60

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Kabar gembira bagi para petani di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, Pemprov Babel akan mengucurkan bantuan 500 ribu bibit lada dan 300 ekor sapi ke seluruh desa se-Babel. Sedangkan untuk kota Pangkalpinang difokuskan pada bidang lainnya.

“Bantuan 500 ribu batang lada, kapuk dan tajar hidup, dan sapi 300 ekor ini dianggaran pada anggaran perubahan 2017 ini, langsung diberikan pemprov, sementara dinas terkait hanya membuat juknisnya (petunjuk teknis) saja. Hanya 6 kabupaten ini diberikan ke desa yang memiliki Bumdes, kalau enggak salah ada 109 yang baru memiliki

banner 300x250

Bumdes,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Babel, Toni Batubara, Senin (7/8)Toni.
Ia mengharapkan bahwa pemberian bantuan ini diharapkan dapat menjadi stimulan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat di pedesaan, bantuan ini pun nantinya akan disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Toni menambahkan bantuan bibit lada dan sapi tersebut ditaksir sebesar Rp15 miliar. Pihaknya hanya membuat juknis bantuan akan diserahkan langsung ke desa.

“Bantuan ini langsung disalurkan oleh pemprov ke desa. Nanti dinas teknis pertanian membuat juknis kriteria seperti apa jenis lada yang bisa dibeli. Setiap desa kira-kira akan mendapatkan sekitar 5.000 batang lada, tajar hidup dan kapuk. Setiap desa juga akan mendapatkan 3 ekor sapi,” bebernya.

Bantuan bibit lada, harap Toni, akan meningkatkan lada di Babel, sehingga menggenjot perekonomian masyarakat di sektor perkebunan lada.

“Misalnya 1 hektar itu 2.000 batang, 500 ribu batang itu bisa 250 hektare, satu batang itu kita hitung aja 1 kg ladanya, berarti 1 hektare 2 ton, kalau 250 hektare kita bisa dapatkan 500 ton dalam dua tahun, ini kan bisa membantu masyarakat,” pungkasnya. (fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: