banner 728x90

Pemurnian Timah Ilegal Terbongkar, Polda Amankan David Sebagai Tersangka

banner 468x60

Petugas kepolisian tengah menimbang barang bukti di gudang Jalan Laksamana Malahayati RT 01 RW 01 Temberan, Bukit Intan, Pangkalpinang.

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG– Sebuah aktivitas ilegal pemurnian sleg timah yang berada di gudang Jalan Laksamana Malahayati RT 01 RW 01 Temberan, Bukit Intan, Pangkalpinang dibongkar oleh subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung (Babel), (11/9) sekitar pukul 13.30 WIB. Petugas mengamankan sekaligus tersangka David (35), warga Kampak, Gerunggang, Pangkalpinang.

banner 300x250

Menurut Kabid Humas, AKBP Abdul Munim, polisi menyita beberapa barang bukti terkait praktik pemurnian tin sleg illegal itu. Di antaranya, balok timah 141 buah dengan berat keseluruhan 3.087 kg, 48 karung sleg dengan total berat keseluruhan 1.531 kg, 1 buah timbangan duduk besar kapasitas 500 kg dan karung timah sleg.

Selain itu barang bukti lain disita seperti blower besar 5 buah, pipa blower 3 buah, kipas angin duduk merk Regency 1 buah, cetakan balok 8 buah. Centong besi panjang 5 buah, linggis panjang 1 buah, sekop panjang 1 buah dan arco.

Dalam praktik pemurnian itu dilakukan kata Abdul Munim tersangka melakukan pengolahan dan pemurnian sleg timah tanpa IUP operasi produksi khusus untuk pengolahan dan pemurnian atau tanpa IUP operasi produksi. “Tersangka mendapatkan sleg timah dari smelter,” sebutnya.

Pelanggaran yang dilakukan tersangka menurutnya melakukan pengolahan dan pemurnian untuk dijadikan balok tanpa IUP operasi produksi khusus untuk pengolahan dan pemurnian. Tanpa IUP operasi produksi sebagaimana diatur dalam pasal 36 PP nomor 23 tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara. Hal ini juga akan menjadi peluang untuk balok tersebut diselundupkan keluar daerah. “ Petugas mengamankan pelaku , saksi dan barang ke Polda lalu melanjutkan ke proses penyidikan. Pasal yang diterapkan pasal 158 atau pasal 161 UU RI nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara,” tandasnya.(eza)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: