banner 728x90

Pendistribusian Logistik Selesai Sehari

banner 468x60

KOBA-Kendati sempat diguyur hujan, namun dengan persiapan yang matang, pendistibusian logistik Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng) ke 63 desa/kelurahan tetap rampung dalam sehari pada Senin (7/12) kemarin tanpa kendala berarti.
Dikatakan Ketua KPU Bateng, Suryansyah, pelepasan pendistribusian logistik mulai berlangsung pukul 08.30 WIB, disaksikan oleh stakeholders terkait dan dengan pengawalan ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, juga Sat Polpp Linmas. “Saat pendistribusian dimulai titik awalnya dari kantor KPU Bateng, kemudian dilepas oleh Pj. Bupati Bateng, Kajari Koba, KPU Bateng, Panwaslu Bateng, Wakapolres,” ujar Suryansyah kepada RB, Senin (7/12) pagi kemarin.
Lanjutnya, dalam pendistibusian logistik Pemilu Bupati dan Wabup Bateng 2015, pihaknya mempergunakan 6 truk pengangkut logistik ditambah 6 minibus sebagai pendamping yang langsung berangkat menuju TPS tersebar di 63 desa/kelurahan pada 6 Kecamatan se Bateng. “Kita sudah berkoodinasi dengan pihak PPS dan Panwas terkait pendistibusian logistik hari ini, kemudian dari pihak pendamping telah menyiapkan ceklist yang juga diserahkan ke panwas untuk sama-sama dicek terkait logistik yang didistribusikan tersebut,” imbuhnya.
Dala pendistribusian logistik Pemilu kali ini, pihaknya menggandeng PT. Pos yang mengangkut sebanyak 351 buah kotak suara, 702 bilik suara, C plano, surat suara, alat coblos. Ditambah pula, 18 kotak kosong untuk 6 PPK yang masing-masing menerima 3 kotak untuk pelaksaan rekap di PPK.”Jadi, kesemua keperluan logistik Pemilu telah didistribusikan keseluruhannya mulai dari formulir, kotak suara, hingga surat suara sesuai dengan jumlah DPT Kabupaten Bateng plus 2,5% yang telah melalui proses pensortiran sebelumnya,” tegas Suryansah.
Sekretaris KPU Bateng, Robain Zul bersyukur karena pendistribusian logistik Pemilu Bateng 2015 hingga Senin (7/12) sore berhasil didistribusikan keseluruhannya ke 63 desa/kelurahan se Bateng. “Alhamdulillah, pendistribusian logistik Pemilu Bateng 2015 pada hari ini selesai secara keseluruhannya dengan pengawalan ketat aparat kepolisian, Satpolpp Linmas dan pengawasan dari pihak Panwas,”ujar Robain.
Sementara Penjabat Bupati Basel Huzarni Rani bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bangka Selatan, kemarin juga melepas perdana logistik yang akan digunakan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Basel. Pelepasan yang berlangsung di Kantor KPU Basel, Senin (7/12) siang dengan ditandai dengan pemotongan pita dihadiri Kajari Toboali, Pramono Mulyo, Kapolres Basel AKBP Satria Rizkiano, Ketua DPRD Basel, Sipioni, Ketua KPUD Basel M Ali Syahbana, Ketua Panwas Pilkada Basel Abdul Rahman.
Ketua KPUD Basel, M. Ali Syahbana mengatakan, proses pendistribusian logistik yang terdiri dari kotak suara dan bilik suara ini direncanakan hingga dua hari ke depan dan diawali dengan wilayah di daerah Kecamatan Lepar Pongok dan Pongok.”Distribusi logistik Pilkada dilakukan KPUD Basel bekerja sama dengan PT Pos Indonesia selama dua hari yaitu pada 7-8 Desember 2015. Distribusi logistik akan dikawal oleh pihak TNI-Polri, Satpol PP, KPUD dan Panwas hingga sampai ke PPS masing-masing desa.  Sedangkan distribusi hari kedua akan dilakukan di enam kecamatan lainnya yaitu, Toboali, Tukak Sadai, Airgegas, Pulau Besar, Payung, Simpang Rimba,”ujarnya.
Sementara Penjabat Bupati Basel Huzarni Rani berharap Panwas Pilkada, Polres Basel dan Kejari Toboali yang tergabung dalam Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) Kabupaten Basel dapat mencegah aksi serangan fajar atau money politic. Ia meminta dukungan kepada Kapolres Basel untuk dapat mencegah terjadinya aksi praktik kotor politik uang dengan memonitor tiap desa dengan menempatkan satu personil menjelang hari pencoblosan. Begitu juga dengan peran tokoh masyarakat, agama dan pemuda agar ikut berperan aktif mensosialisasikan tidak memilih pasangan calon yang menggunakan cara-cara money politic untuk mendapatkan suara.”Jika paslon yang menebarkan uang terpilih tentu yang pertama kali dilakukan adalah mengembalikan modal kampanye dengan cara-cara yang tidak benar pula bahkan korupsi , dan otomatis pembangunan Bangka Selatan akan terbengkalai. Jadi money politic adalah cara-cara yang tidak benar,”tegasnya.(and/bim)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: