banner 728x90

Penetapan Bupati-Wakil Bupati Terpilih 21 Desember

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akan menetapkan pasangan calon terpilih peserta Pilkada serentak Beltim 2015 akan dilaksanakan pada Senin (21/12) mendatang,sedangkan penghitungan rapat pleno hasil perolehan suara Pilkada akan dilaksanakan pada Kamis (17/12) mendatang.

 

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPUD Beltim, Pirmawan saat dihubungi Belitong Ekspres, Minggu (13/12) kemarin. Ia menambahkan untuk masalah pelantikan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih masih diatur oleh Menteri Dalam Negeri nantinya.

 

“Kami hanya pada tahapan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, sedangkan untuk pelantikan itu masih diatur oleh Menteri Dalam Negeri,” ungkap Pirmawan, Minggu (13/12) kemarin.

 

Menurutnya, tugas dari KPUD Beltim hanya sampai penetapan yang akan dilaksanakan pada 21 Desember mendatang, Dan jika memang ada pasangan calon yang kalah untuk menggungat ditingkat Makamah Konsitusi (MK) ada penjadwalannya.

 

“Untuk penggugatan, jika memang ada pasangan calon lain yang menggungat, dijadwalkan dan diberikan waktu selama 3 hari setelah penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dan akan disidangkan ke MK selama 45 hari kedepannya, dan itu jika memang ada calon pasangan yang melakukan gugatan. karena Pilkada serentak ini bukan hanya dilaksanakan di Kabupaten Beltim,” ujar Pirmawan.

 

Sementara itu, dan diketahui sebelumnya dalam perubahan Undang Undang (UU) No.1 Tahun 2015 trntang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Pilkada bukan hanya diikuti oleh daerah yang berakhir masa jabatan kepala daerahnya di tahun 2015, tetapi juga Januari-Juni 2016.

 

Karena itu Pemerintah juga masih akan mematangkan rencana pelantikan kepala daerah terpilih nantinya. Bila sebelumnya ada rencana pelantikan kepala daerah secara serentak.

 

Informasi terbaru, akan dimungkinkan dilakukan secara bergelombang. Akan tetapi semua itu masih menunggu keputusan dari Menteri Dalam Negeri nantinya, dan adapula dimungkin akan dilakukan pelantikan pada pertengahan tahun 2016 mendatang. (feb)

 

Related Search

Tags:
author

Author: