banner 728x90

Pengembangan KEK Diharapkan Segera Terlaksana

banner 468x60

TANJUNGPANDAN – Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung telah dimulai dengan proses penandatanganan MoU oleh tiga investor asing yang menanamkan modal di kawasan tersebut. Masyarakat pun berharap pengembangan itu dapat segera dilaksanakan, agar cepat memberikan efek positife bagi masyarakat sekitar dan masyarakat Negeri Laskar Pelangi pada umumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ir Hermanto  mengatakan, sesuai dengan harapan awal keberadaan KEK intinya adalah bagaimana investasi dapat tumbuh dan berkembang di Belitung. Selanjutnya memberikan trickle down effect pada berbagai aspek khususnya, yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti terciptanya kesempatan kerja dan peluang berusaha.

banner 300x250

“Dunia usaha sesuai dengan perannya sebagai salah satu komponen pentahelix memang diharapkan dalam berinvestasi dan juga penyiapan amenitas. Ini sebagai salah satu yang harus disiapkan dalam pengembangan destinasi wisata disamping atraksi dan aksesibilitas,” ujar Hermanto kepada Belitong Ekspres, Jumat (9/6) kemarin.

Sementara itu Camat Sijuk Abdul Hadi mengatakan, dengan adanya pembangunan KEK tersebut masyarakat sijuk secara umumnya berharap agar pembangunan KEK ini bisa terlaksana dengan baik. Dengan harapan memberikan multi efek yang dirasakan oleh masyarakat sijuk pada khusus dan umumnya bagi masyarakat Belitung.

“Saya berharap pembangunan KEK ini dapat segera dilaksanakan. Jangan sampai peletakan batu pertama itu hanya sekedar prasasti belaka, tanpa adanya tindak lanjutnya,” pintanya.

Terpisah Kepala Desa (Kades) Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk Susandi mengatakan, dirinya beserta masyarakat desa juga sangat mendukung dengan adanya pembangunan KEK Tanjung Kelayang.

“Walaupun KEK tersebut dilaksanakan desa lain namun, kami sangat mendukung pembangunan tersebut dan kami mengharapkan dampak positife dari pembangunan KEK tersebut,” ujar Susandi.

Menurutnya Susandi, jika itu dampaknya untuk kemajuan pariwisata tentu, pembangunan KEK tersebut harus cepat direalisakan. Sebab, ketika para wisatawan berdatangan nantinya akan berdampak langsung bagi masyarakat Belitung.

“Seperti pelaku home stay, pembuat souvenir dan cinderamata, trevel agen, pelaku UMKM maupun tempat destinasi baru di desa-desa lainnya. Oleh sebab itu kami mengharapkan KEK dapat segera dibangun dan memberikan efek yang positif bagi masyarakat Belitung,” kata Susandi. (rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: