banner 728x90

Pengojek Rasakan Sepi Penumpang

MANGGAR – Ketua Persatuan Ojek Manggar (POM), Hamsun (69) mengaku sepi penumpang angkutan jasa roda dua tersebut. Kondisi ini dirasakan Hamsun sejak beberapa bulan terakhir. Sebagai ketua, ia juga mendapat informasi yang sama dari seluruh anggotanya.
“Sepi, dan jujur sejak beberapa tahun lalu, kami sangat merasakan dampaknya. Meski demikian, kami tetap bersama kawan-kawan lain sering mangkal di pos ojek, tepatnya di bawah pohon beringin pasar Lipat Kajang Manggar,” ungkap Hamsun kepada Belitong Ekspres, Selasa (28/4) kemarin.
Diakui Hamsun, jumlah pengojek juga mengalami penurunan setiap tahun. Selain bertambahnya jumlah kendaraan pribadi, situasi perekonomian Beltim khususnya Manggar yang mengalami pelemahan juga berdampak pada ojek sebagai pilihan transportasi.
“Dulu anggota kami sangat ramai, bahkan sampai 200an orang lebih sehingga harus dibagi menjadi 2 kelompok. Namun kini kami hanya memiliki satu kelompok dengan menamakan Persatuan Ojek Manggar (POM) dan masih beranggotakan kurang lebih 60 orang,” terang Hamsun.
Johansyah (42), salah satu anggota ojek yang biasa mangkal di Simpang Empat dan terminal Manggar, juga setuju pendapat ketua POM. Bahkan, penghasilan sehari-hari pengojek jauh dari nilai standar hidup perhari.
“Jujur sepi bang, tak seperti tahun dan bulan bulan lalu, kami kini susah mendapatkan pelanggan. Pertama memang sudah banyaknya kendaraan yang dimiliki warga, kedua pas turunnya harga timah. Jelas kami merasakan dampaknya saat ini,” jelas pria yang akrab disapa Johan.
Walaupun mengaku tidak terlalu untung, dirinya belum berani mencoba beralih profesi lain. Baginya, mencari pekerjaan saat ini sangat sulit. Dia akan mencoba bertahan sebagai tukang ojek yang sudah dilakoninya sejak 2012 silam.
Johan berharap, Pemda Beltim dapat mencarikan solusi yang lebih terarah agar profesi sebagai pengojek dapat meningkat. Paling tidak, Pemda bisa memberikan jalan keluar permasalahan yang ada saat ini.  “Ya paling tidak pemda bisa memberikan jalan terbaik untuk kami semua,” pungkasnya.(feb)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: