banner 728x90

Perceraian di Bangka Terbanyak

banner 468x60
ilustrasi-perceraian

ilustrasi

belitongekspres.co.id, SUNGAILIAT – Kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten Bangka merupakan kasus yang paling banyak terjadi diantara tiga kabupaten yang tergabung di Pengadilan Agama Sungailiat Kabupaten Bangka.

banner 300x250

Berdasarkan data yang diterima dari Pengadilan Agama Sungailiat, untuk penerimaan perkara perceraian sampai bulan Juni 2017, kasus perceraian di Kabupaten Bangka sebanyak 218 kasus, Kabupaten Bangka Tengah 107 kasus, dan Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 105 kasus.

Menurut Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, H. Arinal, ketika ditemui Selasa (18/7/17) di ruangannya, yang paling terjadi kasus perceraian itu di Kabupaten Bangka.

“Ada cerai talak dan ada cerai gugat, yang paling banyak itu perempuan yang mengugat cerai suami karena banyak faktor, cerai talak untuk tiga kabupaten berjumlah 105, sedangkan yang cerai gugat ada 292 sampai bulan Juni penerimaan perkara menurut jenisnya banyak sekali, kita data berdasarkan tiap kecamatan yang mengajukan ke kita untuk tiga kabupaten, yakni Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan,” ungkap H. Arinal.

Dikatakannya lebih lanjut, banyaknya kasus perceraian ini disebabkan banyak faktor. “Yang paling banyak itu, pertama tidak harmonis ada 129, kedua faktor tidak bertanggung jawab ada 93, ketiga gangguan pihak ketiga ada 49, keempat faktor ekonomi ada 40, kelima faktor KDRT ada 30, keenam faktor krisis akhlak ada 23, ketujuh faktor cemburu ada 12, faktor poligami tidak sehat ada 7, dan faktor kena hukuman diatas lima tahun ada 1,” terang H. Arinal.

Penerimaan perkara ini lanjut H. Arinal untuk penerimaan perkara yang beragama islam, sedangkan non muslim biasanya di Pengadilan Negeri. Selain itu selain kasus perceraian, lanjut H. Arinal ada beberapa kasus penerimaan perkara yang masuk menurut jenisnya per kecamatan dalam wilayah hukum Pengadilan Agama Sungailiat tahun 2017 ini diantara harta bersama, isbat nikah, pengangkatan anak, izin poligami, hak asuh anak, ahli waris, dan lainnya. (rel/trh)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: