banner 728x90

Perempuan Pelaku UKM Dilatih Manajerial Usaha

banner 468x60

Suasana kegiatan kegiatan Bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dinamika perkembangan ekonomi dewasa ini memiliki persaingan yang ketat. Sebagai pelaku usaha kecil dan menengah, terkadang sulit bersaing jika tidak dibekali kemampuan manajerial yang baik. UMKM perlu peningkatan kemampuan dalam mengelola manajemen usaha, agar penguasaan manajemen dapat meningkatkan produktivitas, kualitas, serta daya saing dari berbagai produk yang dihasilkan.

banner 300x250

Usaha ekonomi produktif terus bertumbuh, khususnya yang dikelola oleh kaum perempuan mengindikasikan semakin besarnya inisiatif, kepedulian dan tanggung jawab dari setiap masyarakat, agar upaya dalam perbaikan derajat kehidupan semakin meningkat.

Demikian antara lain disampaikan Bupati Beltim Yuslih Ihza melalui Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan. Dijelaskannya semangat berusaha dalam pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan, perlu mendapatkan apresiasi karena sekecil apapun usaha sangatlah berarti.

Menurutnya, program pemberdayaan telah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan kreatif dalam mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki. “Bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha ini perlu ada perhatian serius karena sering kita dijumpai ada pelaku pengusaha ekonomi produktif yang gagal di tengah jalan karena kurang memiliki kemampuan dalam mengelola manajemen usaha,” kutip Kadinsos membacakan sambutan Bupati Beltim dalam kegiatan Bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha, Selasa (12/9) di aula Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan.

Pengelolaan terhadap manajemen usaha, sambung Yuslih, perlu untuk dimiliki dan dipelajari. Langkah dalam bimbingan dapat menyediakan akses informasi dari berbagai penjuru. Tujuannya agar semangat berusaha baik dibidang perdagangan, industri rumah tangga dan jenis usaha lainnya dapat berjalan dengan baik dan teratur.

“Dengan mengikuti bimbingan ini dapat memiliki kemampuan berwawasan lebih dalam pengelolaan sehingga pengusaha dapat memberikan manfaat bagi Kabupaten Belitung Timur ini agar lebih lebih maju,” harapnya.

Kegiatan bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha, diikuti 39 peserta yang seluruhnya ibu-ibu. Mereka adalah pemilik UMKM di tiap-tiap Desa yang telah berjalan.
Narasumber kegiatan menghadirkan staf Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung dan pelaku usaha petani perempuan dari Belitung Timur.(msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: