banner 728x90

Peringatan 72 Tahun Indonesia Merdeka, Kobarkan Selalu Semangat Juang Mereka

banner 468x60

 

Oleh : Leni Yuliana,S.S
Guru Sejarah SMKN 1 Manggar

“PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.”

banner 300x250

Proklamasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “proclamatio”, yang berarti pengumuman kepada seluruh rakyat. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

SETIAP bangsa pasti menginginkan kemerdekaan, begitu juga dengan bangsa Indonesia yang pernah merasakan penderitaan akibat penjajahan bangsa asing selama lebih dari 3,5 abad lamanya. Proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia. Atas nama bangsa Indonesia Soekarno danMoh. Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan kemerdekaan berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Yaitu bebas dari segala bentuk penjajahan, penindasan, dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri dan memiliki tanggung jawab sendiri menuju masyarakat adil makmur.

Kemerdekaan mempunyai arti yang penting bagi setiap bangsa, termasuk Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga sampai diakui oleh dunia internasional diperoleh melalui perjuangan berat yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita. Begitu mulia dan terpujinya perjuangan para pendiri negara, para pejuang bangsa, dan para pahlawan bangsa sehingga kita dapat terbebas dari belenggu penjajahan bangsa asing.

72 tahun sudah Indonesia Merdeka. Kita sebagai generasi penerus bangsa ini, marilah kita mempertahankan dan mengobarkan semangat juang mereka kembali melalui upaya, usaha, tindakan dan perbuatan yang nyata agar tecapai tujuan nasional dan cita-cita bangsa Indonesia. Dengan kemerdekaan, bukan berarti perjuangan bangsa Indonesia sudah selesai. Tetapi sebagai tanda dimulainya kegiatan pembangunan bangsa. Salah satu wujud nyata untuk mengisi kemerdekaan Indonesia adalah selalu bersikap positif terhadap nilai-nilai konstitusi bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi cita-cita kehidupan bernegara, dan mematuhi tata hukum didalam kehidupan bernegara seperti yang tertuang di dalam Pancasila dan UUD 1945.

Semaraknya berbagai kegitan lomba 17-agustusan, pawai pembangunan, karnaval dan pergelaran budaya, acara bakti sosial, upacara peringatan kemerdekaan selalu kita temui dan kita lakukan di seluruh penjuru tanah air untuk memperingati hari kemerdekaan. Kegiatan ini seperti sebuah tradisi yang diikuti oleh anak-anak dan dewasa, sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan dan mewarisi semangat rasa cinta tanah air terhadap negeri kita ini Indonesia. Namun hal tersebut tidak akan bernilai jika tidak dimaknai dan diisi dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat setiap harinya, khususnya oleh generasi muda Indonesia.

Mengobarkan kembali semangat juang para pahlawan agar generasi penerus bangsa mengetahui bagaimana pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah dan sebentar. Anak muda jaman sekarang ini banyak hidup dipengaruhi lingkungan yang bergaya dan berprilaku kebarat-baratan, karena takut dikatakan tidak gaul. Sebagai generasi muda yang baik sudah seharusnya kita memilih dan menciptakan pergaulan yang baik dan sesuai dengan moral dan budaya bangsa. Selain itu, sikap saling menghormati dan tenggang rasa juga sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Karena pada dasarnya bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras dan agama yang berbeda-beda. Jika perbedaan tersebut tidak disikapi dengan rasa saling menghormati, maka tidak akan terjadi kemerdekaan yang sepenuhnya.

Untuk itu melalui peringatan 72 tahun Indonesia Merdeka, marilah kita berupaya dan berusaha melakukan yang terbaik buat bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Kobarkan selalu semangat juang mereka para pahlawan bangsa. Marilah mengisi dan memaknai kemerdekaaan Indonesia. Mulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, selalu berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945. Berikut ini bisa dijadikan contoh sikap-sikap yang dapat kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi dan memaknai kemerdekaan Indonesia :

  1. Ikut berperan aktif dalam kegiatan organisasi dan kegiatan sosial, karena dapat mengasah skill kepemimpinan yang ada dalam diri kita. Misalnya organisasi politk, keagamaan, sosial kemasyarakatan dan lainnya
  2. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, misalnya hasil kerajinan tangan, seni kriya, batik, dan lainnya
  3. Mencintai kesenian dan budaya daerah, misalnya tari daerah, lagu daerah, seni ukir, kain tenun khas daerah, dan lainnya.
  4. Mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia, misalnya ikut pertukaran pelajar, lomba dan festival seni budaya di luar negeri, dan lainnya.
  5. Mempunyai semangat berwirausaha, misalnya membuka usaha karena dapat mengurangi jumlah pengangguran dan dapat melatih diri menjadi mandiri, menjadi berani dalam mengambil resiko dan berani melakukan hal-hal secara terstruktur dan terencana
  6. Aktif dalam dunia pendidikan, misalnya menjadi guru, pendidik atau fasilitator bagian edukasi dan seni, yang bertugas mengajari anak-anak di daerah-daerah terpencil
  7. Buat pelajar, belajar bersungguh-sungguh dan menunjukkan prestasi di sekolah melalui bakat dan minat yang ada dalam diri masing-masing.

“Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah di dapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa. Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita.”***

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: