banner 728x90

Perjuangan Agar HAS Hanandjoeddin Jadi Pahlawan Nasional Belum Maksimal

banner 468x60

Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono, memimpin Upacara Hari Pahlawan di Kota Tanjungpandan, kemarin.

 

banner 300x250

             Erwandi A Rani

 

Letkol Kav Eko Saptono

 

//Dandim Pimpin Upacara Hari Pahlawan

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung tetap berkomitmen memperjuangkan HAS Hanandjoeddin menjadi pahlawan nasional. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Erwandi A Rani, usai upacara Hari Pahlawan Nasional tanggal 10 November 2017, kemarin.
“Kita tetap berjuang supaya itu resmi. Mungkin ada yang kurang-kurang nanti akan dipenuhi lah, perlu dukung teman-teman yang lain,” kata Wabup kepada Belitong Ekspres, di Halaman Gedung Nasional.
Belum ditetapkannya H. AS Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional, kata Wabup mungkin karena belum maksimal berjuang. Artinya masih banyak yang belum memberikan support penuh terhadap pengusulan tersebut. “Oleh karenanya, mari kita harus sama-sama men-support ini. Pemerintah daerah dan pihak lainnya sama-sama mengusulkan beliau menjadi Pahlawan Nasional,” himbaunya.
Untuk itu, Wabup berharap ke depan pengusulan H. AS Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional tidak ada yang berjalan sendiri-sendiri, karena ini untuk kepentingan daerah. “Wajar beliau mendapatkan gelar tersebut, karena dulu merupakan seorang pejuang. Disamping itu beliau juga pernah menjadi Bupati kita dulu,” pungkasnya.

Dandim Pimpin Upacara Hari Pahlawan
Sementara itu, Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono memimpin langsung Upacara Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017, di Halaman Gedung Nasional, Jum’at (10/11) pagi kemarin. Peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun ini bertema, “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri, Hanya Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa yang Besar”.
Upacara ini dihadiri, Wakil Bupati (Wabup) Belitung Erwandi A Rani, Kapolres Belitung AKBP Sunandar, Kepala Kabupaten Belitung AKBP Harun Sani, Kadispers Lanud H. AS Hanandjoeddin Kapten Adm M. Rizky Fajrin, Kasi Pidum Kejari Belitung Afridel, Kasatpolpp Pemkab Belitung Alkar, Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan dan tamu undangan lainnya.
“Sesuai dengan tema Hari Pahlawan Nasional Perkokoh Persatuan Membangun Negeri. Untuk itu mari kita perkokoh persatuan. Sebab, itu sangat diperlukan,” ajak Dandim.
Disebutkan Letkol Kav Eko, ada dua yang harus dihormati dari jasa pahlawan, yaitu pengorbanan dan harapan. Kata Dandimm pengorbanan pahlawan sudah jelas. Baliau telah mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara ini. Sedangkan harapannya adalah Indonesia Merdeka. “Sekarang, kita-kita yang hidup di zaman kemerdekaan sama juga, harus seperti pahlawan dulu. Harus ada pengorbanan dan harapan. Lantas pengorbanan bagaimana, yaitu pengorbanan untuk masyarakat sesuai pekerjaan dan profesinya masing-masing,” ujarnya.
Menurut Dandim, pahlawan masa kini, mempuyai tugas mengisi kemerdekaan yang telah diberikan. Tentunya dengan hal-hal yang positif. Dan paling penting adalah memperkokoh persatuan. Sebab, tanpa persatuan tidak mungkin dapat membangun daerah ini. “Apabila semuanya harus bersatu, Insyaallah segala pembangunan akan berjalan dengan baik. Kalau bukan kita yang menyatukan negri ini siapa lagi. Untuk itu, kami (Kodim,red), Pemda, swasta serta komponen lainnya bersatu. Contohnya, waktu menangani banjir kemarin, kita bisa mengatasinya karena bersatu,” tandas Letkol Kav Eko.
Senada dengan Dandim, Wabup Belitung Erwandi A Rani mengajak untuk seluruh komponen masyarakat menghargai para pahlawan. Sebagai generasi, Wabup juga menghimbau untuk bersama-sama bersatu menjaga daerah, bangsa dan negara ini. “Mari kita menghargai pahlawan. Kita harus bersatu, kita harus menjaga daerah ini dan juga menjaga negara ini,” pesannya.
Menurut Wabup, banyak pesan yang ditinggal oleh pahlawan untuk generasi penerusnya. Untuk itu, mari kita mempertahankan pesan-pesan pahlawan yang ditinggalkan tersebut. “Untuk yang muda-muda (Pemuda-Pemudi), mari kita berbuat. Demi pribadi, demi daerah, demi negara. Apapun yang diperbuat, berusaha lah yang positif,” ucapnya.
Meski ditengah pelaksanaan upacara diguyur hujan, namun tak menyurutkan semangat memperingati Hari Pahlawan Nasional di Kabupaten Belitung. Bahkan usai upacara, Wabup Belitung beserta rombongan melanjutkan tabur bunga dan ziarah di TMP Kesatria Tumbang Ganti.(ils)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: