banner 728x90

Permintaan Pupuk Meningkat, Kebutuhan Sesuai RDKK

banner 468x60

 

GANTUNG- Pupuk menjadi salah satu instrumen penting bagi petani yang memiliki lahan pertanian. Permintaan pupuk cenderung meningkat saat memasuki musim tanam yang ditandai dengan banyaknya petani mengolah lahan untuk ditanami.
Meski demikian, pupuk tidak menjadi kendala karena petani yang tergabung dalam kelompok tani biasanya telah menyusun kebutuhan pupuk selama satu tahun. Kebutuhan pupuk petani biasanya diakomodir dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) masing-masing kelompok.
“Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi petani harus tergabung dlm kelompok tani yg sudah di SK kan oleh Desa terlebih dahulu. Kemudian kelompok tani tersebut menyusun RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) pupuk bersubsidi. RDKK tersebut dikumpulkan ke Dinas Pertanian,” ujar Andri Taruna Praja, Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Gantung, Selasa (5/12) kemarin.
Dijelaskan Andri, jika ada petani yang merasa kesulitan memperoleh pupuk kemungkinan karena petani tersebut tidak masuk dalam kelompok tani. Selain itu, harga pupuk non subsidi lebih mahal bila dibandingkan dengan pupuk bersubsidi bagi petani/kelompok tani.
“Jadi kalau ada petani yang mengeluh susah mendapatkan pupuk bersubsidi kemungkinan mereka tidak tergabung/masuk dalam Poktan atau tidak menyusun RDKK,” kata Andri.
Andri menyatakan, RDKK disusun pada tahun berjalan untuk kebutuhan tahun berikutnya. Kebutuhan pupuk biasanya tidak selalu terpenuhi dengan jumlah yang diterima oleh petani. Petani tetap menutupi kekurangan pupuk dengan cara membeli pupuk non subsidi dalam jumlah sesuai kebutuhan.
“Penyaluran pupuk bersubsidi di lakukan oleh pengecer yg sudah terdaftar pada distributor,” jelas Andri. Untuk diketahui, kebutuhan pupuk tahun 2018 Kecamatan Gantung dibagi beberapa ton sesuai jenis pupuk. Pupuk urea dibutuhkan sebanyak 37 ton, SP36 mencapai 27 ton dan NPK sebanyak 46 ton. “Harga pupuk jenis perkilogram, NPK 2300/Kg, Urea 1800/Kg, Organik 900/Kg, SP36 2000/Kg,” sebut Andri. (msi)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: