banner 728x90

Persediaan Daya Listrik Berlimpah

banner 468x60

*PLN Siap Penuhi Permintaan Calon Pelanggan Baru

TANJUNGPANDAN-PT PLN Persero tak main-main menyediakan kebutuhan energi listrik di Pulau Belitong. Semua itu bisa di lihat dari ketersediaan daya listrik yang ada saat ini total sebesar 63 MW. Berlimpahnya jumlah daya yang dimiliki ini sebagai wujud komitmen PT PLN Persero Wilayah Bangka Belitung dalam mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) untuk sama-sama memajukan daerah. Dan itu juga sebagai bukti keseriusan PLN dalam menyediakan aliran listrik di Bumi Laskar Pelangi.

banner 300x250

“Daya listrik di Pulau Belitung sangat berlimpah. Hingga saat ini kita sudah punya dua pembangkit PLTU dengan kapasitas 2×16 Mega Watt (MW). Selain itu kita juga punya PLTD-PLTD dan MPP 1×25 MW,” kata Manajer PT PLN Persero Area Belitung Ardian Egusfi kepada Belitong Ekspres, Senin (20/2) pagi kemarin di kantornya.

Diungkapkan Ardian, lokasi pembangkit yang ada tersebar di beberapa tempat di Pilang, Manggar, dan di Suge Pegantungan. Jika ditotalkan jumlah daya yang dimiliki sekarang ini sekitar 63 MW, sementara beban puncak kebutuhan listrik saat ini sekitar 37 MW. Artinya masih ada ketersediaan daya sebesar 26 MW.

“Jika dilihat dan dihitung ketersediaan daya yang kita miliki sangat banyak sekali. Makanya saya bilang tadi jumlah daya yang kita miliki sekarang ini berlimpah. Jadi tidak benar kalau nanti kami dibilang tidak bersedia menerima pelanggan baru, apalagi itu pelanggan besar. Berapa pun daya yang diajukan oleh calon pelanggan kami (PLN) sangat siap melayani,” ujarnya.

Menurut Ardian, semua itu bentuk komitmen PLN  Area Belitung dalam membantu Pemda menyediakan kebutuhan listrik di Pulau Belitong untuk memajukan daerah. Apalagi Belitung merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di tanah air. Tentunya PLN akan memberikan pelayanan terbaik kepada para mitra dan pelanggan.

“Alhamdulillah sejak kami surplus daya tahun 2016 lalu, PLN Area Belitung telah menyambung 8 pelanggan Tegangan Menengah (TM) dengan total daya 3,87 MVA yang mayoritas adalah pelanggan industri pertambangan dan smelter. Sementara penyambungan segment pelanggan Tegangan Rendah (TR) sebanyak 8 (delapan) pelanggan dengan total kapasitas 643 KVA.” jelasnya.

Ditegaskan Ardian, apabila pihak Pemda maupun para investor menginginkan listrik dalam jumlah besar, PLN Area Belitung siap menyambung jaringan listrik ke lokasi dengan terlebih dahulu dilakukan kesepakatan antara kedua belah pihak. Penyambungan ke pelanggan TM/TR yang membutuhkan perluasan jaringan dan penambahan trafo paling lambat 25 hari setelah penyelesaian administrasi.

PLN Area Belitung juga berkomitmen membantu kemudahan investor yang ada di Belitung dalam pelaksanaan pekerjaan proyeknya. “Calon pelanggan yang membutuhkan listrik untuk kegiatan konstruksi atau masa pembangunan tidak perlu lagi menggunakan mesin Genset yang tentu biaya operasionalnya sangat tinggi. Cukup mengajukan penyambungan ke PLN dan akan kita layani dengan layanan khusus. Lebih praktis karena investasi dan peralatan disediakan oleh PLN”, jelas Ardian.

Dalam usaha mencari potensi pelanggan baru, PLN Area Belitung mengadakan acara temu pelanggan. Selain untuk memasarkan produk dan layanan listrik juga sekaligus menyampaikan kondisi system kelistrikan PLN baik jaringan maupun pembangkitnya.

“Awal tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 17 Januari kemarin kita mengadakan forum temu calon pelanggan PLN terdiri dari calon pelanggan Industri, Hotel dan Perumahan. Dari 20 calon pelanggan yang kita undang, sebanyak 11 orang memenuhi. Dan mereka telah berkomitmen untuk menyambung tahun ini bersama kita. Ada sekitar enam calon pelanggan denggan perkiraan total kapasitas 4,2 MVA,” ungkapnya.

Dilanjutkan Ardian, rencana tanggal 27 Februari mendatang diagendakan lagi acara temu pelanggan. Kesempatan itu pihaknya akan berkomunikasi lebih intensif kepada calon pelanggan. Serta lebih meyakinkan lagi bahwa PT PLN Persero betul-betul siap melayani kebutuhan listrik di Belitung. Semangat melayani pelanggan industri dan hotel, PLN Area Belitung tidak meninggalkan pelayanan kepada pelanggan sosial, rumah tangga dan bisnis menengah dan kecil.

“Untuk pelanggan kecil, di tahun kemarin kita malah melebihi target, dari 4000 menjadi 4335. Tahun ini target kita juga ditarget menyambung 3300 pelanggan baru. Pada prinsipnya kita selalu siap dan berapapun jumlah yang diminta pelanggan,“ tandasnya.(mg2)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: