banner 728x90

Peserta Bujang Dayang Belitung Bakal Meningkat

belitung-edisi-06-mei-2017-bujang-dayang

Lima besar Dayang Belitong tingkat Kecamatan Tanjungpandan.

TANJUNGPANDAN – Jumlah peserta Bujang Dayang (Buday) Belitung Tahun 2017, nampaknya akan  meningkat dari tahun sebelumnya. Ini terlihat tingginya minat masyarakat saat mengikuti dalam pemilihan di tingkat kecamatan. Partisipasi tersebut terutama dari kalangan pelajar se-Kabupaten Belitung.

“Perkiraan kita jumlah peserta tahun ini sekitar 75-80 orang. Prediksi ini terlihat dari jumlah laporan yang masuk ke kita, perwakilan dari lima kecamatan se-Kabupaten Belitung,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Kabupaten Belitung Rohili, kepada Belitong Ekspres, Jum’at (5/5) kemarin.

Rohili menjelaskan tujuan dari even tahunan ini salah satunya untuk mencari duta wisata yang terampil, profesional serta dapat menjadi kepanjangan tangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung dalam mempromasikan pariwisata.

“Setelah mereka terpilih nanti, tentunya akan kita berikan tugas/pembinaan berdasarkan program-program yang telah kita susun tahun ini. Salah satunya untuk mewakili kabupaten dalam pemilihan duta wisata provinsi,” terangnya.

Selain itu, kata Rohili Bujang Dayang Belitung Tahun 2017 juga akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan kepariwisataan lainnya. Misalnya dalam sebuah pameran berskala nasional maupun kabupaten.

“Disana mereka akan ditugaskan sebagai juru bicara untuk memberikan informasi lebih jauh tentang Belitung seutuhnya kepada pengunjung. Termasuk menyampaikan potensi wisata serta kebudayaan apa saja yang kita miliki,” ujarnya.

Rohili melanjutkan, semua itu tentunya setelah melalui pembinaan/bimbingan teknis (Bimtek) lebih dulu. Baik yang digelar Disparta Kabupaten Belitung maupun Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Sehinga Bujang Dayang Belitung ini memahami tugas-tugasnya dengan baik ke depan.

“Apalagi tahun ini tugas mereka akan bertambah dari tahun sebelum. Salahsatunya mereka akan ditugaskan di rumah adat Belitomg sebagai guide. Disana mereka ajan menjelaskan sekaligus memberikan informasi kepda wisatawan baik yang terkait terhadap piranti-piranti yang ada di rumah adat maupun tentang kepariwisataan Belitung lainnya,” pungkasnya.(i1s)

Related Search

Tags:
author

Author: